Worms World Party: Permainan Perang Ulat


"Worm World Party"
SubTitle/Version:
"v1.04"

Developer:
• Jamdat EA Mobile (Canada) ULC
Price:
• $ 19,95
Platform:
• Pocket PC
Requirements:
• Windows Mobile 2002, 2003/2003 SE/WM5 or later
• Minimum CPU: 200 MHz speed
• Free RAM: 3 MB
• Free ROM: 3 MB
Official web site:
• wormsworldparty.team17.com
Download trial:
Download Demo Version

Jika ada lucu permainan dengan tema perang strategi yang menarik salah satu mungkin adalah "The Worms". Game yang dikembangkan oleh Jamdat ini sudah banyak diciptakan dengan bermacam-macam versi dan platform, mulai dari Windows, Java, Symbian dan WinCE/Smartphone. Yang membuatnya lebih menarik adalah serdadu-serdadu yang berperang bukan manusia tentara, melainkan ulat-ulat tentara kartun yang mungil dan lucu. Ini ulat-ulat punya sendiri topi dan senjata-senjata/peralatan-peralatan. Untuk senjata-senjata yang dipakai juga tidak kalah bahkan lebih canggih, dan juga lebih unik. Pada versi Windows semua senjata sangat lengkap, dan beraneka ragam. Kira-kira lebih dari 40 macam senjata-senjata yang unik dan berbeda. Masing-masing senjata punya kekhususan tersendiri dalam penggunaan, seperti: Bazooka, senjata utama para Worms yang spesial, keampuhannya punya daya jangkau tak terbatas, kekuatan hampir bisa menewaskan. Di Java Platform karena ukuran file sangat kecil, jadi senjata cuma diberi minim, seperti Bazooka saja. Salah satu versi dan platform yang menarik adalah Worms "World Party" (Pocket PC).

Di Worms World Party, kurang lebih hampir sama dengan di versi Windows di PC. Kamu akan mengendalikan 1 unit ulat-ulat tentara untuk berperang melawan 1 unit ulat-ulat tentara yang dikendalikan komputer musuh. Dalam berperang antar Worms ini ada aturan yang sudah diprogram dalam aplikasi. Seperti: setiap ulat-ulat tentara hanya bisa beraksi mempergunakan senjata-senjata dan peralatan-peralatan hanya sekali dan itupun secara bergantian, juga setiap ulat-ulat tentara hanya diberi kesempatan kurang dari 1 menit untuk menjalankan tugas sesuai rencana. Jadi manfaatkan waktu yang disediakan sebaik-baik mungkin.

Di Worms World Party, senjata-senjata dan peralatan-peralatan yang dipakai oleh para Worms memang sungguh menarik. Kira-kira ada 38 tipe senjata-senjata atau pun peralatan-peralatan yang didukung. Senjata-senjata/peralatan-peralatan yang dipakai para Worms terbagi menjadi dua. Pertama, senjata yang utama/primer (primary weopons) ini tidak terbatas dalam penggunaan dan tidak kehabisan peluru seperti Bazooka, Grenade, Handgun, Shotgun, Uzi, Prod, Dragon Ball, dan Fire Punch. Lalu kedua, ada lagi cadangan senjata/peralatan yang merupakan senjata kedua (secondary weopons). Ini adalah senjata-senjata yang bisa kehabisan peluru dan peralatan-peralatan yang mempunyai penggunaan yang terbatas, seperti: Air Strike, Aqua Sheep, Banana Bomb, Baseball Bat, Battle Axe, Blowtorch, Cluster Bomb, Girder, Homing Missile, Kamikaze, Mine, Mini-gun, Mortar, Napalm Strike, Ninja Rope, Fast Walk, Parachute, Pneumatic Drill, Sheep, Suicide Bomber, Teleport, Freeze serta Super Banana Bomb dan Mole Squadron (special weapons). Terakhir, selain 2 macam senjata yang berbeda penggunaan tadi, ada juga Worm Select, Skip Go, Surrender, Jet Pack, dan Low Gravity, sebagai alternatif peralatan.

Di Worms World Party sudah disedia 4 utama menu pilihan dalam bentuk gambar-gambar. Gambar pilihan menu yang terletak disebelah kiri atas adalah Single Player menu, yang digunakan. Gambar pilihan menu yang terletak disebelah kanan atas adalah Single/Multiplayer Game menu. Gambar pilihan menu yang terletak disebelah kiri bawah adalah Options menu. Terakhir, gambar pilihan menu yang terletak disebelah kanan bawah adalah About Worms menu. Di Single Player menu, didalam ada 2 pilihan menu. Jika kamu ingin langsung bermain seorang diri boleh memilih gambar disebelah kiri (tap to play a quick game against the computer) dan jika ingin bermain dalam kumpulan tantangan melawan komputer, bisa pilih gambar disebelah kanan (tap to play a deathmatch game). Atau jika kamu ingin bermain secara bersama-sama dengan teman dan bertempur satu sama lain bisa dicoba di Single/Multiplayer Game menu. Selain menu untuk memainkan permainan, ada juga menu Options dan Helps. Ada juga beberapa macam pilihan konfigurasi, seperti video, sound, kontrol, itu semua bisa diatur melalui Options menu. Terakhir, ada (Helps) About Worms menu sebagai tutorial menu, disini telah disediakan beberapa informasi menarik tentang permainan Worms seperti senjata-senjata, beserta segala tips, kontrol-kontrol yang dipakai, dll. Ini menu bertujuan untuk membantu kamu agar lebih mudah ketika memainkan game, apa yang cocok digunakan untuk permainan ini.

Sangat mudah untuk bermain di Worms World Party, dan faktanya bahwa seluruh permainan dikontrol dengan baik melalui keypad dan Stylus menjadikannya lebih mudah untuk menggulung ke segala penjuru layar tampilan di permainan. Semua weapon menu berada di bagian atas kanan layar, juga exit/resume menu (agar bisa cepat keluar dari permainan)berada silang di bagian bawah kiri layar, menjadikan mudah untuk cepat diakses menggunakan stylus, dan tidak mengganggu dalam permainan.

Tampilan grafis yang 2D di Worms World Pary, nilainya memang lebih berkualitas dibanding kebanyakan permainan-permainan 2D efek di Pocket PC. Bahkan hasilnya jauh lebih baik walaupun prosesor yang dipakai pada PDA hanya dengan clock speed sekitar 100-200 mhz. Jika kinerja dari tampilan grafis masih belum memuaskan, kita bisa mengatur detail dari game, seperti tanpa Background, Tanpa Angin Efek, dll. Layar permainan juga sangat respon ketika disentuh. Bahkan jika anda belum puas, bisa juga diatur tingkat sensitifitas hingga 3 tingkat melalui pengaturan di Options menu.

Bagaimana pula kualitas daripada suara di permainan Worms World Party! Walaupun konfigudrasi standar, cuma untuk menghidupkan atau pun mematikan suara, kualitas suara yang dihasilkan cukup baik. Walau tanpa ada musik, efek suara sangat pas dalam permainan, seperti bunyi-bunyi dari tembakan, ledakan, tinjuan/pukulan, benda yang jatuh ke air, suara roket, api yang meledak dan terbakar, dll

Aneka perang strategi yang ada di Worms World Party benar-benar memberikan hiburan dalam permainan bertema perang strategi ini. Kamu bebas memilih senjata-senjata mana yang kamu suka, dan perang strategi mana yang disukai. Kalau kamu suka perang strategi dalam bertahan dan tertutup, bisa ambil posisi dibawah goa. Jika ingin menyerang secara terbuka para Worms kamu bisa mengambil posisi diatas area daratan. Jika punya cara dan strategi sendiri yang bisa dipakai, kamu bebas saja lakukan di Worms World Party.

Tips Bermain dan Petunjuk
• Setiap masing-masing dari senjata-senjata dan peralatan-peralatan punya keunikan dan kekhususan sendiri dalam penggunaan, seperti:

  • Bazooka, cocok untuk menembak musuh dengan daya jangkau tak terbatas. Ini senjata yang utama dipakai para Worms, agar lebih mahir ada baiknya, kamu melatih penggunaan Bazooka melalui Single/Multiplayer Game menu. Ini dilakukan agar kamu dapat mengukur jarak, kekuatan dan sudut tembakan agar tepat mengenai musuh.
  • Grenade, senjata tangan granat yang cocok jika dilempar ke arah musuh yang tepat berposisi di dalam lubang atau kubangan, dan granat akan meledak dalam hitungan 3 detik. Tingkat kerusakan 45 poin.
  • Baseball Bat, senjata yang berbentuk pemuka bola baseball, cocok untuk melempar musuh. Kamu bisa merubah sudut pukulan dari bat dari arah lurus ke depan sampai naik kira-kira sudut 45º, lalu arahkan hingga musuh terlempar dari daratan menuju laut. Tingkat kerusakan yang ditimbulkan adalah 30 poin.
  • Dinamite, peledak senjata yang mematikan, cocok digunakan untuk untuk membabit nyawa musuh (tingkat kerusakan maksimal 75 poin) atau cocok juga melempar musuh ke dalam laut.
  • Shootgun, senjata ini kita diberi kesempatan untuk menembakkan senjata hingga 2 kali, dan setiap musuh yang tertembak berkurang kesehatan maksimal 25 poin. Cocok digunakan untuk menenggelamkan musuh yang berada pada jembatan-jembatan yang berada tepat diatas air.
  • Homing Missile, adalah senjata berbentuk roket yang bisa diarahkan ke musuh agar tidak bisa meleset, daya jangkaunya pun tak terbatas, namun sayangnya senjata ini hanya bisa digunakan 1 kali. Senjata ini cocok sekali digunakan untuk menembak musuh, yang berposisi pada jarak yang susah untuk diukur dan dijangkau oleh tembakan dari Bazooka. Tingkat kerusakan maksimal sama seperti Bazooka 45 poin.
  • Banana Bomb, adalah senjata ampuh berbentuk pisang. Bila dilempar menyentuh tanah akan terbagi menjadi 6 bagian dan setiap bagian tersebut akan meledak dengan tingkat kerusakan 75 poin. Ini bom cocok digunakan untuk menghancurkan para Worms musuh dan juga daratan yang dipijak oleh mereka. Yang spesial, ada juga Super Banana Bomb, cara dan kekuatan mirip dengan Banana Bomb, namun ini bom menggunakan remote peledak yang dikendalikan pemakai.
  • Dragon Ball, adalah suatu jurus kungfu tinjuan yang diarahkan ke depan untuk memukul lawan, dan posisi harus agak berdekatan dan ketika memukul harus tepat didepan lawan. Ini jurus cocok digunakan untuk melempar musuh hingga keluar dari daratan. Tingkat kerusakan yang ditimbulkan terhadap lawan adalah 30 poin.
  • Fire Punch, adalah suatu jurus kungfu tinjuan (overcut) yang diarahkan dari bawah ke atas mengenai badan lawan dalam jarak yang agak dekat. Ini jurus cocok digunakan untuk melempar musuh yang berposisi dekat di atas kepala, jadi bisa terkena pukulan ini. Tingkat kerusakan yang ditimbulkan sama dengan Dragon Ball.
  • Dll. Gunakan senjata-senjata dan manfaatkan semaksimal mungkin agar tentara musuh segera berkurang.
• Ketika kamu bermain, seringkali tiba-tiba dari langit muncul objek-objek kiriman kotak yang jatuh dari parasut. Jika para Worms kamu berlokasi berdekatan dengan objek tersebut serta mudah dijangkau, segera ambillah objek-objek itu lalu segera jalankan tugas/aksi yang sudah kamu rencanakan. Ada objek-objek yang berlambang palang merah (+), ini adalah objek yang sangat membantu para Worms kamu yang mempunyai kesehatan yang minim. Ada juga objek yang berlambang (?), objek-objek yang berlambang ini, adalah senjata-senjata/peralatan-peralatan sekunder selain senjata utama Bazooka, Granat, yang jumlahnya bisa berkurang jika dipakai.
• Jika jumlah tentara Worms yang hidup tersisa sedikit ada baik membuat lubang perlindungan dengan menggunakan Blowtorch (Alat pengebor, cocok digunakan menembus hingga dibawah tanah) atau segera melarikan diri ke tempat-tempat yang aman menggunakan Teleport (alat untuk berpindah tempat segera dalam sekejap). • Jika ingin mendekati dan menyerang para Worms musuh yang berada pada posisi diatas dan susah untuk dinaiki, kamu bisa menggunakan Ninja Rope (tali pengait untuk memanjat tebing) dan setelah sampai segera habisi para Worms musuh tersebut. • Jika ingin mendekati dan menyerang para Worms musuh yang berada pada posisi di bagian bawah yang curam dan susah dijangkau, bisa gunakan Parachute, untuk bisa turun melayang menuju para Worms musuh dan lalu segera dihabisi.

Rating Penilaian (Score):
Tampilan Grafis (Graphic): 9/10
Tampilan grafis di Worms World Party cukup berkualitas baik. Dan yang baik lagi, respon tombol keypad dan sentuhan stylus sangat pas juga di permainan ini.
Kualitas Suara (Sound): 7/10
Walau tanpa musik, efek suara sesuai dengan tema perang strategi dan juga menambahkan ke permainan. Efek suara benar-benar cocok dalam permainan, seperti suara-suara tembakan, ledakan, tinjuan/pukulan, benda yang jatuh ke air, suara roket, api yang meledak dan terbakar, dll.
Hiburan (Fun): 10/10
Worms World Party adalah game yang perlu dimiliki siapapun yang suka permainan dengan tema perang strategi. Ini adalah game yang bagus untuk melatih kemampuan kita dalam mengukur kekuatan lawan dan kekuatan persenjataan yang kita miliki. Yang menyebabkan Worms World Party sangat menghibur adalah lebih dari 30 macam senjata/peralatan yang unik bisa dipakai dalam permainan..
Tantangan (Challange): 9/10
Di Worms World Party, kamu bebas untuk bermain dalam berbagai modus, bisa coba Single Player atau Single/Multiplayer. Walaupun dimainkan berkali-kali, ini Game tidak membuat bosan, walaupun dimainkan hingga berjam-jam. Di dalam Single/Multiplayer Game, kamu juga akan merasa tertantang untuk bisa menamatkan game hingga level terakhir dan mencatatkan rekor kemenangan di setiap Game dalam Worms World Party.


Komentar