Proses Instalasi Office XP Secara Cepat dan Praktis

Hal-hal yang paling membosankan ketika menginstall suatu software di komputer, dalam hal ini Microsoft Office XP yaitu proses instalasi yang kurang cepat dan terlalu berbelit-belit. Bagi seorang pemakai komputer melakukan proses instalasi Office XP memang cukup dilakukan secara biasa saja, tidak perlu secara cepat, karena ia hanya melakukan instalasi sekali saja dengan tenang dan bersabar. Mungkin dalam setahun, seumur komputer tidak perlu instalasi ulang lagi. Bersabar, hal ini tidak mungkin bagi seorang teknisi komputer yang sehari-hari perlu melakukan proses instalasi software termasuk instalasi Office XP. Karena, ia harus melakukan proses instalasi secara cepat agar bisa melayani semua komputer klien yang dititipkan dengan baik. Jadi perlu atau tidak perlu, solusi yang terbaik adalah cara cepat dan praktis termasuk kali ini dalam melakukan instalasi Office XP. Cara cepat dan praktis ini adalah dengan trik menggunakan tambahan command line tambahan pada proses eksekusi file aplikasi pada CD Setup Office XP. Trik instalasi secara cepat ini tidak hanya bisa dilakukan pada Microsoft Office XP 2002, namun sebenarnya juga berlaku pada semua Microsoft Office versi yang lainnya seperti Office 2000/2003 dst, walaupun mungkin ada perbedaan sedikit. Bahkan, pada Office 2003 pada paket CD nya sudah terdapat petunjuk proses instalasi yang berisi pilihan-pilihan Command-Line Options and Property.

Pada CD Instalasi Office XP 2002 (versi 3 in 1), terdapat tiga file aplikasi Office Setup antara lain: SETUPSTD.EXE, SETUPPRO.EXE, dan SETUPPLS.EXE. Sebenarnya pada tiap-tiap file aplikasi pada CD Setup Office 2002 mempunyai versi yang sama, tidak jauh berbeda. Bedanya hanya kelengkapan paket-paket aplikasi pada proses instalasi Office seperti:

  1. SETUPPLS.EXE,
    Kamu bisa menjalankan file setupstd.exe, jika kamu ingin melakukan instalasi Office XP 2002 secara lengkap ditambah paket aplikasi Frontpage. Aplikasi-aplikasi Office yang dimasukkan dalam proses instalasi Office antara lain: Microsoft Word, Excel, Power Point, Access, dan Outlook (plus Frontpage)

  2. SETUPPRO.EXE,
    Kamu bisa menjalankan file setupstd.exe ini, jika kamu ingin melakukan instalasi Office XP 2002 secara lengkap tanpa paket aplikasi Frontpage. Aplikasi-aplikasi Office yang dimasukkan dalam proses instalasi Office antara lain Microsoft Word, Excel, Power Point, Access, dan Outlook.

  3. SETUPSTD.EXE,
    Kamu bisa menjalankan file setupstd.exe ini, jika kamu ingin melakukan instalasi Office XP 2002 secara lengkap tanpa paket aplikasi Frontpage dan Access. Aplikasi-aplikasi Office yang dimasukkan dalam proses instalasi Office antara lain Microsoft Word, Excel, Power Point, dan Outlook. (tanpa Microsoft Access)

Selanjutnya, jika ingin proses instalasi secara mudah ketika menjalankan file-file setup???.exe tadi, kamu tinggal melakukan hal-hal sebagai berikut dibawah:

Trik Instalasi Microsoft Office XO secara Cepat dan Praktis

command line perintah cepat run di office xp
  1. Klik Start Menu lalu pilih Run, untuk memunculkan jendela ’Run".

  2. Contoh: Di komputer, folder CD Office XP 2002 terletak pada folder
    "D:’Microsoft Office XP 3 in 1".
    command line perintah cepat run di office xp
    Lalu klik "Browse" tombol untuk mencari file aplikasi setup office tersebut yang berada pada folder yang ada di harddisk. (Ket: Jika File-file instalasi office tersebut belum ada di Harddisk dan berada di CD Office, sebaiknya ditransfer (kopy) ke dalam harddisk lalu letakkan dalam suatu folder. Agar lebih cepat saya berikan contoh: Microsoft Office XP 3 in 1. Untuk letak drive contoh yang praktis: D:’)

  3. Sekarang kamu tinggal pilih file-file aplikasi Office setup sesuai proses instalasi yang dinginkan, Contoh sekarang kamu ingin melakukan proses instalasi secara cepat dan command line perintah cepat run di office xplengkap professional tanpa membutuhkan Microsoft Frontpage.
    Maka, kamu pilih SETUPPRO.EXE dan lalu klik Open.
    command line perintah cepat run di office xpLalu setelah itu, kamu akan kembali ke jendela utama pada menu RUN.

  4. Sekarang, kamu cuma tinggal menambahkan sebuah command line /QB atau /Q sesudah nama path folder dan file instalasi. Selanjutnya menjadi salah satu di bawah "D:’Microsoft Office XP 3 in 1’SETUPPRO.EXE" /QB atau
    "D:’Microsoft Office XP 3 in 1’SETUPPRO.EXE" /QB
    (Ket:
    - Gunakan pilihan "D:’Microsoft Office XP 3 In 1’SETUPPRO.EXE" /QB jika ingin cepat-cepat melakukan proses instalasi dengan hanya menampilkan indikator progress dan pesan error yang praktis (jika timbul ada kesalahan)
    - Gunakan pilihan "D:’Microsoft Office XP 3 In 1’SETUPPRO.EXE" /Q jika ingin cepat-cepat melakukan proses instalasi tanpa perlu menampilkan apapun, bahkan saat ini tak sadar kamu sedang melakukan proses instalasi. Ini merupakan cara yang lebih praktis.
    command line perintah cepat run di office xp
  5. Nah, Sekarang klik OK. Dan sekarang kamu tinggal tunggu saja proses instalasi Office XP yang sedang berjalan di komputer. Kira-kira lama waktu proses instalasi akan berlangsung lebih cepat, hanya beberapa menit saja, tergantung pada kecepatan komputer kamu.

Komentar