Geo Rally 2005: Mobil Balapan 3D Grafis

Game Title:
"Geo-Rally 2005"
SubTitle/Version:
"r3"

Developer:
• Ion FX Studios
Price:
• $ 19,95
Platform:
• Pocket PC
Requirements:
• Windows Mobile 2003/2003 SE/WM5 or later
• Minimum CPU: 250 MHz speed
• Free RAM: 10 MB
• Free ROM: 10 MB (on Memory Card)
Official web site:
• www.ionfx.com
Download trial:
Download Demo Version (2208k)


Kamu ingin jadi pembalap, tapi cita-cita anda tidak kesampaian. Ion-Fx, sebuah perusahaan pengembang PDA game, bisa mewujudkan keinginan anda. Geo-Rally 2005, permainan balapan ini menampilkan permainan grafis 3D untuk Pocket PC. Minimal persyaratan yang dibutuhkan membutuhkan Windows Mobile 2003, 10 MB penyimpanan, dan 10 MB memori program. Ia juga memerlukan sekurang-kurangnya 200MHz Xscale prosesor.


Di Geo Rally 2005 ada terdapat 4 pilihan menu, seperti: Configure, Load, Replays, dan New Game. Ketika memilih New Game, untuk memulai bermain, kamu perlu membuat profil nama pengemudi yang baru. Ia akan meminta kamu untuk memilih tiga modus tingkat kesulitan. Terdapat Sangat Mudah, Mudah, dan Normal. Setelah itu, ada muncul layar "Garage " menu pilihan, yang didalam ada 4 pilihan, seperti: Configure, Garage, Test Drive dan Race. Layar "Garage" Screen juga muncul ketika memilih "Load" di Geo Rally 2005 menu. Di "Configure" menu, ada tiga pengaturan, seperti: Graphics, Controls dan General. Yang spesial adalah di jendela"Controls", kamu dapat mengatur tombol kontrol konfigurasi sesuai mana yang disukai. Ada banyak pilihan untuk mengkonfigurasi tombol yang akan mempercepat, rem dan mundur, menu, akselarasi, dll. Anda juga dapat menyesuaikan sensitivitas tombol. Di Geo-Rally 2005, ada dua cara untuk mengendalikan mobil. Anda tentu saja bisa menggunakan keypad (D-Pad), namun selain itu, anda dapat menggeser Stylus pada permukaan layar. Secara keseluruhan, kontrol yang mudah digunakan, tergantung pada apa yang telah tersedia di Pocket PC Anda dan gunakan semaksimal mungkin agar lebih leluasa bermain.

Kualitas grafis di Geo-Rally 2005 adalah benar-benar menakjubkan! Setiap objek dalam permainan adalah 3D, dan mereka dilihat kelihatan realistis. Rincian dalam permainan yang menakjubkan, tetapi jika Anda perlu untuk mengubah gambar tampilan, Anda dapat mengubah resolusi tekstur dari menu pilihan. Sama juga, pada Geo Rally (Garage) menu, di jendela "Configure", lalu "Graphics", anda dapat juga dapat mengubah tampilan jarak, dan apa yang dilihat dari mobil pada sudut yang Anda inginkan. Yang diatur untuk melihat jarak dan tekstur resolusi yang dimaksudkan untuk dapat diubah jika ini perangkat (PDA) menjadi lebih lambat, dan permainan adalah berombak, atau untuk mematikan beberapa fitur jika Anda ingin kinerja lebih baik dari grafis, dan perangkat Anda sanggup menangani 3D grafis dari permainan "Geo Rally 2005" dengan frame-rate yang stabil, minimal 25 fps. Ada tiga layar-viewer dari mobil: mengejar, gelas, dan tenda. Anda juga dapat mengaktifkan kabut (fog). Saya menyadari bahwa jika Anda memiliki jarak melihat slider rendah, sehingga benda muncul ketika Anda dekat, dan Anda mengaktifkan kabut, akan membuat ini kelihatan lebih realistis.

Selain "Configure" menu, terdapat "Garage" menu, disini kamu bisa mengubah warna-warna pada mobil yang akan digunakan. Lalu, di "Test Drive" menu, kamu bebas mencoba balapan di area yang dipilih, tidak tergantung target waktu, grade, dan peringkat. Terakhir, di "Race" menu, kamu akan melakukan balapan dan pertarungan yang sebenarnya.

Dalam menyelesaikan balapan di "Race" terdapat tiga grades (peringkat) yang harus dipenuhi jika telah menyelesaikan balapan pada setiap tahap (stage), seperti A, B dan C. Kelas peringkat target yang tertinggi adalah A. Dalam modus Very Easy (Sangat Mudah), anda diminta untuk mendapatkan grade kelas "C" untuk memenangkan perlombaan dan membuka lintasan baru, dalam modus Easy (Mudah) anda diminta untuk mendapatkan grade kelas "B" untuk memenangkan perlombaan dan membuka lintasan baru, dan di Modus Normal, anda diminta untuk mendapatkan grade kelas "A" untuk memenangkan perlombaan dan membuka lintasan baru. Ada 30 jenis jumlah mobil di Geo-Rally 2005, tetapi anda mulai dengan satu jenis mobil. Ada tiga lokasi ke dalam perlombaan, masing-masing dengan lima tahap (stage). Ketiga lokasi adalah: Savannah, Highlands, dan Mediterania. Higlands dan Savannah, lokasi-lokasi tersebut memang untuk perlombaan berkategori Time Trials, jadi kamu hanya mengejar target waktu dan mencapai minimal grade yang musti dipenuhi. Sedangkan Mediterania khusus untuk pertarungan "Head to Head" melawan 3 (tiga) mobil lain. Jadi selain kamu harus berkejar dengan waktu/grade, kamu juga musti mengalahkan 3 mobil yang lain.

Setelah berhasil sampai ke garis finish, mengejar lebih dari waktu target, serta mendapat grade sesuai dengan tingkat kesulitan, maka kamu akan dibukakan stage berikutnya (yang terkunci) pada lokasi yang kamu pilih. Selain itu kamu akan mendapatkan mobil baru yang lebih cepat, untuk digunakan pada tahap berikutnya. Jika anda menang pada tahap berikutnya, maka akan terbuka lagi stage dan mobil baru. Begitupun seterusnya hingga 5 tahap. Begitupun bila berpindah ke lokasi-lokasi yang lain. Oleh karena itu, terdapat dua mobil per tahap, sehingga total 30 mobil untuk dibuka dan digunakan. Setelah Anda menyelesaikan semua lima tahapan di lokasi, kamu dapat membuka modus Test Drive untuk langsung mengakses semua track (stage) di lokasi yang telah diselesaikan, yang dapat diakses dari garasi layar. Dalam modus Test Drive, Anda dapat bebas berkeliaran di lokasi yang sudah tidak dikunci. Hal ini berguna untuk menguji sebuah mobil baru. Tes drive modus ini juga cukup menyenangkan. Dengan berbagai mode Anda dapat menyimpan dihibur berjam-jam.

Secara keseluruhan, grafis di Geo-Rally 2005 adalah spektakuler, dan merupakan yang terbaik Saya telah melihat dari Pocket PC balap permainan. Pada Geo-Rally 2005, ada hentakan yg tdk keras, musik yang mudah untuk "alur" untuk Anda ketika akan melalui menu, dan ada efek suara ketika Anda memilih opsi, dll Saat Anda berkendara, tidak ada musik, tetapi terdapat sebuah mesin kebisingan yang cukup realistis, dan ada efek suara ketika Anda crash, tergelincir, dll Ada dapat lebih suara dan musik, tetapi ada cukup untuk menambah ke dalam permainan. Di Geo Rally 2005, ada pilihan menu seperti "Replays", dimana kamu dapat membuka rekaman video dalam daftar dan melihat aksi-aksi dari balapan yang disimpan.

Secara keseluruhan, Geo-Rally 2005 adalah game yang harus dimiliki para penggemar balap-permainan di PDA PocketPC, dan merupakan prestasi luar biasa untuk pertama kali bagi pengembang perangkat lunak. Grafis berkualitas 3D gambar yang paling maju sekali untuk Pocket PC, dan pengalaman permainan speed bagi pembalap. Suara dan musik dalam permainan juga lebih ok dan juga lebih baik. Mudah-mudahan kita akan melihat lebih banyak dari permainan-Ion Fx Studios!

Tips Bermain dan Petunjuk
• Usahakan berlatih dalam percobaan (trial) modus yang benar-benar cocok agar lebih mengenal lintasan/area seperti letak tikungan, dll. Bila jalur-jalur lebih dikenal maka kamu akan lebih mahir lagi dalam Race modus.
• Usahakan gunakan semua tombol keypad di PDA, semaksimal mungkin, atur konfigurasi dan ubah tombol fungsi agar lebih enak digunakan pada jari-jari tangan dan kamu jadi lebih leluasa dan maksimal dalam bermain. Saran saya adalah letak-letak tombol alangkah lebih baik jika saling berjauhan daripada berhimpitan. • Semua tombol sangat berguna untuk mengontrol laju kendaraan. Khususnya, tombol brake pun sangat diperlukan. Ini hal agar kendaraan tidak melaju keterusan dan keluar jauh dari jalur di jalan lintasan.

Rating Penilaian (Score):
Tampilan Grafis (Graphic): 9/10
Kualitas grafis (Gambar) di Geo-Rally 2005 begitu indah! Walaupun butuh sedikit lebih detail di latar belakang foto, namun pemandangan menyenangkan. Dan yang baik lagi, respon tombol keypad dan sentuhan stylus sangat pas juga di permainan ini.
Kualitas Suara (Sound): 8/10
Instrumen musik dan efek suara juga ada dalam permainan. Di Menu terdapat lantunan musik melodis dan memberikan suasana yang bersemangat. Meskipun tidak ada musik apapun selama permainan, suara gemuruh dari mesin membuat permainan lebih hidup, dan menambahkan nilai ke permainan.
Hiburan (Fun): 9/10
Geo-Rally 2005 akan membuat Anda dihibur sepanjang permainan, dan setelah selesai, bisa dilihat ulang kembali. Aksi-aksi yang direkam ulang ini bisa disimpan, dan kelak bisa dimainkan kembali pada "Replays" menu. Selain itu, Selain itu semua fungsi dari tombol-tombol pengontrol dari keypad bisa maksimal dan diatur agar lebih leluasa dan enjoy dalam bermain.
Tantangan (Challange): 9/10

Jika Anda adalah penggemar permainan berkendara (balapan) seperti saya, maka kesempatan ada sekarang, setelah Anda mulai bermain Geo-Rally 2005, Anda tidak akan berhenti sampai Anda selesai! (atau sampai jari yang kaku).

Komentar