Mengatur Setting tanggal waktu di windows 7 otomatis

Setiap perangkat elektronik seperti ponsel PDA, tablet Android, bahkan HP jadul (jaman dulu) pasti memiliki tampilan tanggal dan waktu di layarnya. Nah, begitu pula komputer, khususnya Windows 7 juga memiliki tampilan waktu dan tanggal juga. Anda bisa mengatur jam dan menit, serta tentu saja  tanggalnya. Terkadang jika komputer sudah terlalu lama tidak dihidupkan, bisa saja settingan waktunya berubah, bahkan kadang kita lupa waktu kalau sudah ada di depan desktop…Nah terus gimana kalau jam di desktop Windows tidak sesuai, seperti terlalu cepat atau terlalu lambat. Anda bisa pilih secara manual atau otomatis:

1. Untuk mengubah waktu jam dan zona waktu secara manual, caranya sebagai berikut:
  • Untuk mengubah tanggal dan waktu, klik kanan pada ikon jam di taskbar (letaknya di bagian sebelah kanan paling bawah), lalu klik Adjust date/time, klik Change date and time... : Selanjutnya tinggal mengubah waktu jam menit detik sesuai waktu yang diinginkan. Jika sudah selesai tinggal klik OK.
  • Selanjutnya untuk mengubah zona  waktu, klik Change time zone. di kotak dialong Time Zone Settings, pilihlah sesuai zona waktu daerah Anda. Contohnya:  Untuk Jakarta, Surabaya dan semua daerah bagian barat (WIB) pilih UTC +07.00 . Untuk daerah Indonesia bagian tengah (WITA) pilih UTC +08.00. Jika selesai klik OK.

2. Untuk mengubah waktu jam dan waktu secara otomatis, caranya adalah berikut:
Note: Syaratnya, anda harus terhubung ke internet agar bisa mengaturnya secara otomatis.
  • Klik kanan pada ikon jam di taskbar (letaknya di bagian sebelah kanan paling bawah), lalu klik Adjust date/time, klik tab Internet Time, dan lalu klik Change settings
  • Selanjutnya centang Synchronize with an Internet time server, pilih "time.windows.com", dan selanjutnya klik Update now. Selesai tinggal klik OK.