Belajar Sendiri Mengetik Cepat 10 Jari (Game Hiu Type Shark dan Typing Master)

Menambah keterampilan dengan belajar mengetik


Untuk memiliki suatu kemahiran memang perlu giat belajar, rajin berlatih sendiri serta berusaha dengan kerja keras. Banyak sekali dibuka tempat kursus dan lembaga pelatihan yang menjadi sarana belajar guna meningkatkan pengetahuan dan menambah berbagai macam keterampilan. Mau belajar mengemudi mobil, belajar microsoft office, belajar bahasa Inggris, belajar menjahit, dll, maka tempat kursus adalah tujuannya, namun tentu saja ada biayanya.


Khusus disini bagi yang ingin belajar mengetik sendiri dengan cepat, tidak perlu jauh-jauh dan juga tidak banyak menghabiskan waktu dan biaya. Asalkan giat belajar berlatih tiap hari, cukup di rumah, dengan sarana sebuah perangkat pribadi seperti laptop atau komputer sendiri (Syarat minimal intel pentium 233 MHZ, OS Windows 95) kamu sudah bisa belajar sendiri mengetik cepat dengan metode 10 jari, bahkan dengan waktu yang lebih singkat (daripada belajar di tempat kursus). Cuma, yang perlu ditambah adalah sejenis aplikasi khusus yang perlu anda download di warnet, melalui modem HP (PDA) atau bisa juga gratis asal kantor anda sudah berlangganan internet Broadband Access. Aplikasi yang perlu didownload ini sebagai Typing Tutor (instruktur) yang membantu anda belajar mengetik dengan beberapa tingkatan atau pelajaran.


Posisi jari yang benar ketika mengetik 10 jari di keyboard

belajar mengetik 10 jari dengan cepat menggunakan keyboard
Agar mengetik lebih cepat maka semua jari-jari yang ada di kedua tangan harus dimaksimalkan. Jadi asal lengkap dan tidak cacat, jari kelingking, jari manis, jari tengah, telunjuk, jempol di kedua tangan musti digunakan semaksimal mungkin untuk bisa menjelajahi keyboard dengan cepat.


Berikut tabel posisi mengetik 10 jari yang benar:

Tombol yang ditekan

Jari yang digunakan

1 q a z t CapsLock Tab

jari kelingking di tangan kiri,
huruf kapital tekan Shift sebelah kanan

2 w s x

jari manis di tangan kiri,
huruf kapital tekan Shift sebelah kanan

3 e d c

jari tengah di tangan kiri,
huruf kapital tekan Shift sebelah kanan

4 5 r t f g v b

jari telunjuk di tangan kiri,
huruf kapital tekan Shift sebelah kanan

6 7 y u h j n m

jari telunjuk di tangan kanan,
huruf kapital tekan Shift sebelah kiri

8 i k ,

jari tengah di tangan kanan, ,
huruf kapital tekan Shift sebelah kiri

9 o l .

jari manis di tangan kanan, ,
huruf kapital tekan Shift sebelah kiri

0 p ; / ’ Enter

jari kelingking di tangan kanan, ,
huruf kapital tekan Shift sebelah kiri

Spasi

jari jempol, terserah pakai tangan sebelah kiri atau kanan

~ !

jari kelingking di tangan kiri + RightShift

@

jari manis di tangan kiri + RightShift

#

jari tengah di tangan kiri + RightShift

$ %

jari telunjuk di tangan kiri + LeftShift

^ &

jari telunjuk di tangan kanan + Left Shift

*

jari tengah di tangan kanan + LeftShift

(

jari manis di tangan kanan + LeftShift

) - +

jari kelingking di tangan kanan + LeftShift

Tips-tips tambahan:

Selain itu, kapanpun ketika mengetik harus lebih konsentrasi pada setiap huruf yang dilihat, pada kata yang dieja, atau pada kalimat yang didengarkan.


Ketika mengetik sebuah naskah yang panjang, mungkin sebaiknya hindari tombol Backspace untuk menghapus, karena akan memperlambat anda mengetik. Perbaiki dan ralat kesalahan setelah menyelesaikan suatu kalimat, atau paragraf atau halaman atau juga lebih baik kalau seluruh konsep sudah selesai. Ketika memperbaiki kesalahan anda sendiri pun jadi tahu, bagaimana sudah kemampuan tentang tingkat akurasi dalam mengetik. Anda bisa juga memperbaiki kesalahan-kesalahan mengetik sendiri secara otomatis di Microsoft Word melalui fitur Autocorrect, walaupun hal tersebut tidak menolong tingkat akurasi anda mengetik.


Aplikasi-aplikasi yang cocok dan praktis buat belajar mengetik


Banyak aplikasi-aplikasi buat anda belajar sendiri mengetik yang dapat didownload di internet, namun dua aplikasi-aplikasi berikut sudah cukup praktis dan cocok buat menghilangkan rasa bosan, walaupun lama anda gunakan.


  1. Typing Master


    Aplikasi ini memang cocok sekali buat para pemula yang baru pertama kali ingin belajar mengetik 10 jari. Proses belajar mengetik akan dilakukan secara bertahap dengan beberapa tingkatan atau pelajaran.

    Anda sendiri diberi waktu sekitar antara 15-60 menit untuk menyelesaikan suatu pelajaran. Asyiknya dalam proses belajar anda akan diselingi beberapa permainan mengetik yang dapat menghibur dan membuat lebih santai ketika belajar.

    Untuk menyelesaikan suatu tingkatan pelajaran dan memasuki pelajaran selanjutnya dibutuhkan hasil nilai yang mencukupi. Hasil nilai setiap menyelesaikan pelajaran dibagi menjadi dua antara lain tingkat akurasi dalam mengetik (dalam persentasi) dan kecepatan mengetik (dalam WPM = words per minute).
    tips

    Anda juga bisa memilih ujian-ujian pilihan yang akan membantu menilai kemampuan mengetik anda. Hasil ujian ini pun bisa dicetak di printer. Nah, semoga bisa cepat lulus dengan nilai baik.


    Download
    Typing Master disini

  2. TypeShark Deluxe

    Belajar dan mengetik di komputer sehari-hari, memang menimbulkan kebosanan. Selain mendengarkan musik, game jadi salah satu solusinya. Mau cari game yang asyik sekaligus buat anda bisa belajar sendiri mengetik lebih cepat. Cobalah permainan TypeShark dari PopCap Games! Dengan tema menarik, siapa sangka anda sendiri bisa membunuh ikan hiu, hanya dengan mengetik.

    belajar mengetik cepat 10 jari di komputer dengan game type shark
    Di game TypeShark, pertama kali anda akan diberi sebuah Typing Tutor untuk tutorial mengetik sebagai pelajaran dasar mengetik. Di tutorial mengetik, kamu akan belajar meletakkan posisi jari-jari yang benar saat mengetik di komputer.

    Merasa sudah cukup ahli mengetik dengan cepat, anda bisa langsung bermain ke mode Adventure atau pun ke mode Abyss. Disini kamu sendiri adalah seorang penyelam yang sedang menjelajahi kedalaman laut untuk mencari harta karun yang berada di dasar laut. Di dalam penjelajahan banyak musuh-musuh yang mengintai antara bermacam jenis hiu-hiu seperti ghostshark, tigershark, hammerhead. Kamu harus mengetik cepat-cepat kata-kata yang terdapat dibadan hiu-hiu tersebut untuk membunuhnya. Ada juga ikan piranha yang banyak jumlahnya yang harus anda kalahkan dengan mengetik huruf-huruf yang ada di tubuhnya. Terakhir ada beberapa monster-monster laut seperti gurita raksasa dll yang menjadi bos musuh anda di akhir level.


    Nah, akhirnya setelah mengalahkan mereka semua anda bisa menemukan harta karun di dasar laut. Cepat-cepat ketikkan kata-kata dengan benar agar harta karun segera terbuka dan kamu segera mendapatkan nilai bonus sebanyak-banyaknya. Bila permainan selesai dan mendapat nilai skor tertinggi, kamu bisa mengabadikan nama dan nilai kamu sendiri ke dalam daftar HighScore.


    Download
    TypeShark Deluxe disini

Komentar

  1. nicepost gan,
    bisa dijadikan rekomendasi untuk belajar mengetik.

    BalasHapus

Posting Komentar