Mainkan Winamp Musik Nonstop di Winamp

Semua orang pasti punya cara-cara untuk menenangkan pikiran agar tetap fresh dan rileks dan membuat suasana hati menjadi begitu lebih menyenangkan. Tentu saja dengan cara mendengarkan alunan lagu dan musik. Di antara para pengguna komputer ada yang suka punya hobi mainkan musik dan mendengar lagu-lagu sehari-hari di kamar tidurnya. Apalagi ada mereka yang rajin menggunakan headset, biar bisa menikmati alunan musiknya secara pribadi (dengar sendiri nggak bagi-bagi). Ada juga yang melakukan hal tersebut sambil melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti ada yang suka menikmati irama lagu di MP3 player sambil istirahat duduk-duduk sejenak sambil rileks membaca-baca buku. Bahkan ada juga yang memutar irama musik dari MP3 player di saku pinggang sambil berolahraga seperti jogging, jalan-jalan, lari-lari atau pun bersenam.

Headset memang memberi sensasi tersendiri dalam menikmati musik, membuat suasana hati menjadi menyenangkan. Namun, ada juga dampak negatif yang muncul akibat terlalu sering mendengar musik melalui headset yaitu mengganggu atau merusak alat pendengaran. Oleh karena itu, agar selalu tetap dalam kondisi baik, telinga pun juga perlu untuk beristirahat. Yang ingin telinga tetap sehat normal dan tidak tuli, sebaiknya menghindari memutar lagu-lagu yang berisik dan dan bernada yang keras ketika menggunakan headset.

Bagi yang ingin memutar MP3 musik dan lagu di komputer atau laptop pribadi seharian dan lagu-lagu yang dimainkan nonstop, tanpa henti dan lagi tanpa ada keheningan (silence). Oleh karena itu, sebaiknya yang cukup aman jangan menggunakan headset, cukup pakai speaker saja. Banyak sekali software mp3 player, namun cuma ada beberapa saja yang punya fasilitas untuk menghilangkan suara diam (hening/kosong) ketika lagu-lagu sedang dimulai atau sedang habis. Setiap lagu habis selesai, maka dengan cepatnya lagu yang baru/selanjutnya berganti diputar, sehingga tidak terasa ada hening (remove silent) diantara kedua lagu.

Winamp sebagai sebuah favorit player buat memainkan MP3 musik, juga mempunyai "silence remover" utiliti buat menghilangkan hening. Hampir semua versi Winamp pasti punya ini fitur, versi Winamp versi 1.x mungkin belum punya. Tips-tips cara menghilangkan silent seperti contoh gambar berikut:

  1. Pertama-tama, klik kanan mouse pada Winamp player didalam skin area, maka akan muncul jendela popup menu seperti gambar diatas.

    (Keterangan: jangan klik kanan mouse didalam playlist, maka yang muncul akan lain).
  2. Setelah klik pada [Options] dan kemudian [Preferences...], maka akan muncul layar jendela "Winamp Preferences". Di layar jendela ini ada bermacam-macam settings buat kustomisasi Winamp.

    Nah, langkah selanjutnya adalah klik [Output] yang berada pada [Plugin].
  3. Lalu klik Nullsoft DirectSound Output v?.??? [out_ds.dll] layar jendela dengan title "DirectSound output setting" muncul, disini pada tab [Device] terdapat bermacam konfigurasi dan info device dari Soundcard.
  4. Untuk mencari fitur "Silence Remover" yang kita cari,

    klik pada tab [Other].
  5. Untuk menghilangkan hening diam (silence), beri centang (tandai v) pada baris "Remove silence at the beginning / end of track".

    Kemudian pada Cutoff: ubah besarnya dari -40.0 dB (default) menjadi kira-kira -25.0 db.

  6. Kemudian pindah dan klik ke tab [Buffering]. Jendela yang lalu muncul ini (diatas) menampilkan pengaturan buffer.

    Gunanya ini buffer adalah untuk mengatur besar ukuran cache data yang diambil ketika memutar Winamp, sebelum meneruskan ke suara keluaran.
  7. Pada tab [Buffering], ubahlah besar ukuran "Buffer length" dari 2000 ms (default) ke 10000 ms atau 12000 ms. Setelah itu klik OK. Contoh: 12079 ms
  8. Kini semua kustomisasi telah selesai.

    Untuk keluar dari jendela "Winamp Preferences" dan klik [Close].
  9. Segera coba putar kembali lagu-lagu atau musik di Winamp player. Dan selamat menikmati lagu-lagu tanpa henti, tanpa diam, nonstop, sampai gak bisa tidur.

Komentar

  1. gak bisa juga coy... udh ku ikutin langkah2 di atas, tapi tetap saja gak bisa hilang suara yg nyanyi...

    BalasHapus
  2. Mungkin yang dimaksud Bung Rahman adalah "crossfading between tracks". Coba ke sini: http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100723191919AAdRL86

    BalasHapus
  3. Anonim08.08

    Min, tau cara menghilangkan winamp yg sedang aktif g? jdi winamp itu seolah2 tidak ada didekstop tp dia sebenarnya jalan cuma kaga keliatan aja...

    BalasHapus
  4. gan, kalau lagu yang di putar belum habis lagu berikutnya udah muncul gimana? tenk's

    BalasHapus

Posting Komentar