Summer Games (PocketPC): 5 Cabang Olahraga



"Summer Games"
SubTitle/Version:
"The Ultimate Olympic Challenge"

Developer:
• Aim Productions Entertainment
Price:
• $ 19,95
Platform:
• Pocket PC
Requirements:
• Windows Mobile 2003/2003 SE/WM5 or later
• Minimum CPU: 250 MHz speed
• Free RAM: 8 MB or above
• Free ROM: 8 MB
Official web site:
• www.aimproductions.be/
Download trial:
Download Demo Version (7871k)


Para pemilik ponsel dengan fitur-fitur berbasis Java atau Symbian OS mungkin dulu pernah install beberapa olahraga permainan termasuk yang berjudul Summer Games salah satunya. Ini game yang memang dikenal bertema olahraga tersebut memang cukup menyenangkan karena didalam terdapat suatu kumpulan beberapa cabang olahraga seperti lari (atletik), melompat, berenang dan cukup banyak macam-macam lagi yang lainnya. Karakter atlit yang dikendalikan, tidak seorang manusia seperti laki-laki atau perempuan, namun seekor kartun binatang lucu.


Para Pemilik ponsel berbasis PDA Pocket PC dengan Windows Mobile OS juga bisa mendapatkan olahraga game yang berjudul ini "Summer Games". Hampir sama dengan versi Java/Symbian, terdapat kumpulan beberapa cabang olahraga, namun karakter atlit yang ditampilkan tidak berupa seekor binatang kartun, namun seorang tokoh atlit atau manusia. Alat pengontrol dalam permainan terdiri dari dua tipe seperti keypad atau stylus via touchscreen.

Di Summer Games untuk Pocket PC kamu dihadirkan lima cabang olahraga yang menantang. Cabang-cabang olahraga yang dilomba antara lain seperti 100 meter Lari (Running), Lompat Jauh (Long Jump), Dayung (Rowing), Menembak (Skeet), dan Angkat Besi (Weight Lift).

Dalam cabang olahraga "Running", kamu harus berlari 100 M, mengalahkan seorang pelari yang dikendalikan oleh komputer. Agar kamu dapat berlari lebih kencang secepat mungkin dan finish sesuai target waktu, dengan cara tap (sentuh) pada power bar di bagian bawah layar. Berulang-ulang, usahakan sentuh tepat mendekati hingga 100 angka dan angka jangan kurang dari 75, bila kurang maka larimu tiba-tiba akan melambat. Usahakan tetap konsisten hingga garis finish. Hati-hati ketika start, jika kamu berlari sebelum pistol meletus, maka kamu mendapat sebuah tanda peringatan (gagal). Jika kamu mengulangi hingga tiga kali, maka kamu didiskualifikasi dan kalah.

Begitu pula di "Long Jump", hampir sama dengan "Running" kamu musti berlari secepat mungkin. Dan sebelum menyentuh batas garis, segera melompat dengan menyentuh tengah/bagian di screen (layar). Jangan sampai melompat melebihi batas garis, dan jika terjadi maka lompatan dianggap salah.


Di olahraga "Rowing", hampir sama dengan "Running", kamu musti mendayung secepat mungkin hingga garis finish. Langkah-langkah mendayung mirip "Running", sentuh layar mendekati hingga 100 angka, dan jangan gagal bahkan diskualifikasi waktu start.

Di olahraga "Weight Lift", kamu musti mengangkat barbel hingga di atas kepala dan lalu bertahan hingga 3 detik. Langkah-langkah yaitu sentuh power bar mendekati hingga 100 angka. Ketika kamu mendapatkan signal dengan tanda kedip-kedip, sentuh di bagian tengah screen. Ini akan diulang 2 atau 3 kali hingga barbel terangkat sepenuhnya.

Terakhir, di cabang olahraga "Skeet", kamu harus menembak setepat mungkin ke arah objek-objek yang terbang di udara. Usahakan dapat menembak hingga semua objek yang terbang melayang dihancur. Cara-cara sentuh pada arah yang objek-objek tersebut akan melalui arah tersebut.

Di Summer Games, kamu dapat bermain dalam dua modus, seperti Practice dan Championship. Di Practice modus, kamu boleh memilih sendiri cabang olahraga yang sudah tersedia. Sedangkan di Championship modus, kamu akan berlomba di semua cabang. Di dalam permainan, kamu boleh mencatatkan rekor waktu dan skor nilai yang tertinggi dalam daftar "Scoreboard", jika kamu berhasilkan memecahkan rekor waktu melebihi target waktu atau juga rekor skor melebihi target skor. Ada tutorial yang singkat dalam Help menu, untuk membantumu untuk bagaimana cara memainkan game ini.

Sangat mudah untuk bermain di Summer Games, dan faktanya bahwa seluruh permainan dikontrol melalui Stylus dan menjadikannya lebih mudah untuk bermain secara leluasa. Walaupun, begitu keypad tombol-tombol juga boleh kamu pergunakan, dan kamu dapat mencoba tombol-tombol tersebut sebelum bermain di Championship modus melalui Practice modus.

Secara keseluruhan, tampilan 2D grafis di Summer Games lebih berkualitas dibanding kebanyakan permainan-permainan dengan 2D grafis di Pocket PC. Layar permainan juga sangat respon ketika disentuh. Terutama permainan-permainan yang menampilkan power bar, kamu harus memastikan setiap sentuhan stylus mendekati 100%. Jika sentuhan stylus kurang berjalan sempurna, maka kecepatan dan penyelesaian tidak akan berjalan dengan lancar. Respon tombol-tombol begitu juga, tetap lancar dan berjalan dengan sangat baik.

Bagaimana pula dengan musik dan suara di permainan Summer Games! Walaupun konfigurasi standar, cuma untuk menghidupkan atau pun mematikan musik dan suara. Kualitas musik dan suara yang dihasilkan cukup baik. Tema olahraga atau olimpiade yang dilantun dalam musik permainan, betul-betul menambah semangat untuk bermain. Efek suara juga pas dalam permainan, seperti bunyi tembakan dan piring kecil hancur di skeet, benar-benar mirip dan cocok.

Aneka olahraga yang ada di Summer Games benar-benar memberikan hiburan dalam permainan bertema olahraga ini. Kamu bebas memilih olahraga mana yang disukai. Kalau kamu suka olahraga kecepatan waktu, bisa memilih Running, Rowing. Atau pun kekuatan seperti Weight Lift. Ada juga ketepatan dalam menembak seperti Skeet. Atau pun olahraga yang menggabungKan kecepatan, kekuatan dan ketepatan seperti Long Jump.

Di setiap macam cabang olahraga di permainan Summer Games terdapat modus latihan. Ini membantu kamu untuk lebih mahir sehingga akhirnya siap untuk bertanding dalam modus kompetisi atau kejuaraan. Sebagai tantangan, jika kamu mampu pecahkan rekor yang ada di setiap cabang olahraga, maka namamu akan dimasukkan dalam catatan rekor para juara. Tips Bermain dan Petunjuk
• Usahakan tekan tap atau pun keypad ketika power bar berada di kisaran 80-100.
• Hindari nilai power bar jauh dibawah 80

Rating Penilaian (Score):
Tampilan Grafis (Graphic): 2/10
Tampilan grafis di Summer Games cukup berkualitas baik. Dan yang baik lagi, respon tombol keypad dan sentuhan stylus sangat pas juga di permainan ini.
Kualitas Suara (Sound): 7/10
Instrumen musik dan efek suara sesuai dengan tema olahraga dan juga menambahkan ke permainan. Di Menu terdapat lantunan musik melodis dan memberikan suasana yang bersemangat. Efek suara juga pas dalam permainan, seperti piring kecil hancur di skeet.
Hiburan (Fun): 9/10
Summer Games adalah game yang perlu dimiliki setiap penggemar olahraga, atau siapapun yang suka permainan dengan tema olahraga. Ini adalah game yang bagus untuk melatih penggunaan stylus di Pocket PC. Yang menyebabkan Summer Games lebih menghibur adalah aneka cabang dalam olahraga yang berjumlah lima macam, yaitu Running, Long Jump, Rowing, Weight Lift dan Skeet memang membuat game lebih fun.
Tantangan (Addictivity): 8/10

Di Summer Games, kamu bebas untuk bermain dalam modus latihan atau dalam modus kejuaraan. Sehingga menantang kamu agar bisa mencatatkan rekor tak terkalahkan di setiap permainan dalam Summer Games. Kamu pun akan semakin asyik memainkan game langsung dari PDA (PocketPC) dimanapun kamu berada. Jika rasa bosan muncul, ambil PDA dari saku kantong dan segera main ini game. Hati-hati, jari-jari tangan bisa pegal bila keasyikan bermain ini game.

Komentar