Proteksi Alamat Email Blok Kiriman Spam

Sudahkah punya email

Sudah punya berapa alamat email pribadi yang sudah dibuang dan diganti. Mengapa alamat email pribadi harus diganti-ganti? Apa karena lupa password email-nya atau karena email kebanyakan kiriman-kiraman surat spam yang bertumpuk-tumpuk tiap hari.

Memang mudah sekali membuat email, apalagi membuat email baru di yahoo mail atau google gmail. Kedua-duanya mendukung pop3 email client dan interface berbahasa indonesia. Settingan pop3 client-nya juga sama. Namun jika tiap hari selalu mendapat kiriman 20-30 surat spam, dan terus bertambah-tambah tiap bulannya, ini bisa membuat akses email anda menjadi lambat dan anda kesulitan mencari dimana surat kiriman dari keluarga, sahabat, teman dan relasi. Saya punya 2 alamat email yahoo yang saya buat 3 dan 5 tahun yang lalu, tapi saya malas memakainya karena selalu mendapat kiriman hingga mencapai 50 per hari lebih. Sekarang saya ganti dengan beberapa email address yang baru, namun kali ini, saya proteksi pada alamat email-email yang baru dari spam.

Proteksi alamat email pribadi

Bagaimana cara memproteksi alamat-alamat email pribadi dari kiriman-kiriman spam

  1. Gunakan kedua penyedia alamat email gratis tersebut, yahoo mail dan google gmail yang sudah mendukung bahasa indonesia. Selain gmail dan yahoo (khususnya co.id)mendukung pop3 client, kedua-duanya juga punya fasilitas spam blocker untuk blok kiriman spam. Secara default, yahoo mail/gmail otomatis akan memproteksi box dari kiriman-kiriman surat email spam manapun yang masuk. Kiriman yang dianggap sebagai spam akan dimasukkan ke dalam folder bulk.
  2. Jangan mengisi data alamat-alamat email anda pada situs-situs yang tidak dipercaya. Seperti website yang berisi popup banner lalu meminta anda mengisikan data dan alamat email anda.
  3. Jangan menaruh informasi alamat email-email anda pada postingan blog atau forum agar terhindar dari spam boot, yaitu program pencari alamat email-email secara otomatis. Seperti: email Spider, email hunter dll.
  4. Bila ada website-website memberikan sesuatu yang gratis seperti ebooks, khususnya yang berbahasa English, dan meminta anda mengisikan alamat email anda, sebelum mendownloadnya. Sebaiknya anda punya atau membuat sebuah alamat email yang khusus untuk registrasi gratis sebagai email alternatif yang dikorbankan. Alamat email inilah yang anda gunakan untuk mendaftar ke situs-situs tersebut.
  5. Ada cara lain memproteksi alamat email dari spambot yaitu dengan mengubah inisial nama alamat email anda. Jika anda ingin menaruh informasi alamat-alamat email pada situs, blog atau forum ketika memposting tulisan/thread sebaiknya gunakan proteksi nama Email yang bervariasi.

    Seperti: contoh123@yahoo.com. Maka tulislah dengan beberapa tambahan variasi-variasi berikut pada nama alamat email

    contoh123[@]yahoo.com
    contoh123[at]yahoo.com
    contoh123[at]yahoo[dot]com

    Ini membuat program spambot atau spider tidak mengenali email anda.

  6. Secara manual, kamu bisa lebih kuat melakukan proteksi yahoo/gmail dari spam dengan menggunakan proteksi filter pada account email
    Contohnya di Gmail (setingan bahasa Indonesia). Buat filter (gmail) dan lalu masukkan kata-kata pada filter memiliki kata-kata, misalnya: lottery. Beberapa kiriman email spam, biasanya sering terdapat kata-kata: viagra, lottery, millionaire, dll. Lalu langkah berikutnya tandai [v] hapus dan klik Buat filter. Proteksi dengan filter Selesai.
    Selanjutnya, coba kamu buat sebuah surat (sembarang isinya) tapi ada masukkan kata "lottery", dan kemudian kirimkan melalui alamat email kamu yang lain ke alamat email yang kamu beri kata filter lottery sekarang maka kiriman email-email yang memiliki kata-kata "lottery" akan di blok langsung dihapus.
  7. Kalau alamat email termasuk email pribadi, anda bisa buat proteksi dengan filter tidak memiliki. Contoh isi pada filter tidak memiliki dengan kata-kata yang berhubungan dengan nama kantor anda, atau alamat-alamat email kantor anda. Lalu langkah berikutnya pilih hapus dan buat filter. Jadi jika ada kiriman di email anda yang berisi tidak berisi kata-kata yang berhubungan dengan nama kantor anda, atau alamat-alamat email kantor anda maka akan dihapus. Cara proteksi-proteksi dengan menggunakan filter masih bisa dikembangkan dan dimodifikasi sesuai kemauan kita. Proteksi dengan metode filter ini yang terbaik.

Saya harap postingan artikel ini dapat membantu anda memproteksi email pribadi anda. Jika masih ada kesulitan anda mengisi komentar dibawah.

Komentar