Tips plugin Winamp buat tampilkan Lirik (Lyric) MP3 lagu

Winamp bisa tampilkan lirik lagu dengan Lyric plugin?

Winamp sebagai multimedia player favorit yang serba lengkap juga mempunyai beraneka termasuk fitur plugin yang berguna untuk menampilkan lirik (lyric) lagu dari mp3 atau file audio yang dimainkan. Plugin bisa berjalan jika di komputer kamu sudah diinstalasi program winamp. Namun ini fitur tidak disertakan Winamp secara langsung dalam paket instalasi nya. Untuk mendapatkan lyric plugin ini, kamu bisa mencari nya di situs Winamp.com gratis.

multimedia player winamp website

Di situs Winamp.com kamu bisa menemukan banyak sekali plugin, visualization dan skin yang sudah tersedia. Untuk mencari lyric plugin di situs Winamp, kamu cukup klik pada Plugin di kotak search dan ketikkan lyric, maka dalam sekejap kamu akan melihat berpuluh-puluh lyric plugin disertai tampilan plugin nya. Kamu bisa melihat plugin-plugin lirik yang disediakan untuk winamp ini berbeda-beda penampilan interface. Sekarang tinggal kamu saja yang bebas menentukan lyric plugin mana yang paling cocok untuk dipilih dan diinstall di komputermu seperti contoh yang salah satu dibawah berikut ini.


Winamp Lyrics v1_22
by Carlos Andres Osorio Gonzalez

Keunggulan dari plugin Winamp Lyrics v1.22
  1. Melalui ini plugin jika Winamp menemukan file lirik dengan format LRC (Lyrics3, dan Lyric 3.2) dan TXT yang nama file dan letaknya sama dengan file MP3 atau file audio yang dimainkan, maka teks lirik lagu akan ditampilkan di Winamp player.
  2. Dengan ini plugin, juga ditampilkan informasi file MP3 seperti artis, judul lagu, judul album, yearm genre, comment (komentar), lyric/author nama, dan informasi tambahan lainnya.
  3. Plugin ini juga menampilkan informasi gambar dengan format BMP, PNG, JPEG, WMF, EMF, ICO, TGA, TIFF, PCX, DCX, GIF.
  4. Dapat diimpor dan diekspor ke file berekstensi LRC dan TXT.
  5. Built-in Lyrics dan ID3 tag editor serta
  6. Ada editor time stamp (pengatur waktu) untuk ditambahkan di file lirik berekstensi LRC dan TXT.
  7. Bisa auto play lirik dan dapat diupdate, dll.
Cara mengedit lirik lagu dengan Winamp Lyrics plugin v1.22

  1. Membuat lirik lagu MP3 memang perlu ketelitian dan kecepatan mengetik di depan komputer sambil mendengar (mengejar kecepatan) nyanyian yang dilantunkan vokalis/grup sang penyanyi.

  2. Setelah lyric plugin Winamp ini diinstalasi dengan lancar, maka dengan sendiri sebuah jendela WINAMP LYRICS ditampilkan di player Winamp.
  3. Lalu pada jendela WINAMP LYRIC, klik pada tombol konfigurasi tombol toggle menu konfigurasi untuk mengatur lirik lagu MP3 untuk menampilkan popup menu dan kemudian pilih Edit Lyric.


  4. Setelah diklik pada Edit Lyric, kamu bisa segera mengisikan lirik-lirik teks lagu MP3 yang sedang dimainkan di Winamp di dalam
  5. Setelah semua lirik teks selesai dimasukkan, sekarang kamu bisa mulai menambahkan time stamp (pengatur waktu) untuk file lirik lagu MP3 yang sedang dimainkan.
  6. Sebagai langkah awal, klik tombol konfigurasi tombol toggle menu konfigurasi untuk mengatur lirik lagu MP3 untuk menampilkan popup menu dan pilih Add time stamp (click a line to add the current time) untuk mengaktifkan metode pengisian time stamp secara cepat hanya dengan per klik. Contoh format time stamp seperti ini: [00:24].
  7. cara menambahkan pengatur waktu (time stamp) lirik lagu winamp

  8. Untuk memulai, terlebih dahulu, klik tombol gambar Play (untuk memutar file lagu winamp mulai dari awal) pada Winamp.


    berhasil menambahkan time stamp (pengatur waktu) lirik lagu winamp


    Untuk menambahkan time stamp atau pengatur waktu ke dalam setiap baris kalimat, maka klik secara tepat di awal depan kalimat lirik (catatan: klik secara tepat yaitu disaat vokal atau penyanyi mulai menyanyikan lirik). Pengatur waktu akan muncul sendiri tepat saat mengklik atau saat tombol klik dilepas.

  9. Setelah selesai, segera save dan simpan ke file dengan ekstensi TXT atau LRC (untuk memutar file lagu winamp mulai dari awal) pada Winamp.

    simpan teks lirik lagu MP3 ke file lyric TXT atau LRC

  10. Selesai, sekarang putar ulang lagi lagunya di Winamp. Dan selamat menikmati lirik lagu MP3nya. Untuk karaoke sebaiknya diaktifkan Voice Remove.

Komentar

  1. harus koneksi ke internet ya kalo mau lihat lirik lagunya????

    BalasHapus
  2. Iya tentu saja

    BalasHapus

Posting Komentar