Aboutconfig mempercepat Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah salah satu browser yang mempunyai pengaturan konfigurasi yang lengkap. Karena selain lewat menu Setting (Pengaturan - Firefox versi Bahasa Indonesia), kamu juga bisa melakukannya lewat alamat address about:config. Setelah kamu enter alamat tadi pada kotak address di browser Mozilla Firefox, maka setelah itu kamu akan melihat bermacam kode-kode pengaturan yang mirip dengan registry di Windows. Kode-kode inilah yang bisa kamu ubah tergantung keperluanmu misalnya untuk mempercepat Mozilla Firefox. Untuk mencari kode-kode yang berguna untuk tweak dan mempercepat Windows, kamu bisa melakukan secara manual, tinggal kamu cari dan klik kode untuk memilihnya. Sedangkan untuk mengubahnya tinggal kamu klik dua kali, maka nilai yang tadi FALSE bisa menjadi TRUE, atau sebaliknya. Sedangkan jika nilainya adalah sebuah bilangan angka, maka jika kamu klik dua kali, maka akan muncul sebuah jendela yang meminta kamu memasukkan angka yang akan digunakan untuk merubah nilai sebelumnya. seperti 5000 menjadi 8000.

Berikut ada beberapa tips-tips untuk mempercepat (tuneup) dan memaksimalkan Mozilla Firefox lewat about:config, seperti:

  1. Untuk mempercepat loading Mozilla Firefox .
    Ketik "about:config" di address bar. Lalu pada filter, ketik dan ubah nilai "network.http.pipelining" menjadi "true", ketik lagi "network.http.pipelining.maxrequests" dan ubah nilainya menjadi "100", kemudian "network.http.proxy.pipelining" menjadi "true". Terakhir ketik (atau jika belum ada tambahkan) kode "nglayout.initialpaint.delay" kemudian isikan dword value nya menjadi "0" (not availible in newer versions).
  2. Untuk mempercepat koneksi Mozilla Firefox .
    Ketik "about:config" di address bar dan pada filter lalu ketik network.http.max-connections " ubah nilai dari default (30) menjadi 96
    Terakhir ubah lagi pada "network.http.max-connections-per-server" dan ubah nilainya lagi dari default (15) menjadi 32
  3. Untuk memaksimal disk cache Mozilla Firefox .
    Ketik "about:config" di address bar dan di filter ubah browser.cache.disk.enable nilainya menjadi true.Lalu pada "browser.cache.disk.capacity". Ubah nilainya dari 50000 (default) misalnya menjadi minimal sama besarnya dari sisa kapasitas RAM komputermu. Satuannya adalah Kb. (ex 50000 = 50 Megabyte atau 50000 Kb).
  4. Untuk mempercepat refresh dan menghemat memori RAM agar lebih efisien digunakan
    Ketik "about:config" di address bar. Lalu buat kode berikut ini: "config.trim_on_minimize " karena belum jadi harus ditambahkan. Caranya Right click (klik kanan pada mouse) dalam background hingga muncul menu untuk memilih New-> lalu pilih Boolean. lalu nilainya pilihlah True. Keterangan: Dengan fungsi memori RAM akan lebih cepat diperbaharui jika ada jendela Firefox yang diminimize. Jadi ketika kamu meminimize sebuah jendela Firefox, maka jendela Firefox beserta halamannya akan disimpan ke virtual memory dan mem free up memori fisik (RAM) komputer untuk dapat dipakai jendela Firefox yang sedang aktif atau agar bisa dipakai aplikasi yang lain. Tips ini akan terasa berguna jika kamu membuka banyak jendela browser Mozilla Firefox yang kadang sangat membebankan memori.
  5. Untuk mempercepat install Add-on Mozilla Firefox tanpa waktu delay
    Setiap menginstall sebuah add-on Mozilla Firefox sering kamu temui waktu delay (tunggu) beberapa detik pada "Install" button. Dengan trik ini, tidak perlu tunggu-tunggu lama lagi. Ketik "about:config" pada address bar dan ketik security."dialog_enable_delay" dan ubah nilai dari 2000 (default) menjadi 0.
  6. Untuk mempercepat proses mendownload file (tanpa perlu scan Antivirus) sekaligus meningkatkan performa Mozilla Firefox
    Setiap pengguna Windows memerlukan fitur keamanan, dan secara default, Firefox versi 3 akan melakukan scan setiap file yang telah didownloaded secara otomatis dengan default antivirus yang terdeteksi oleh Firewall untuk memastikan file tersebut bebas virus. Namun jika mendownload sebuah file berukuran besar, pastinya akan memakan waktu yang lebih lama untuk proses scanningnya hingga selesai. Jadi untuk mempercepat prosesnya sekaligus meningkatkan performance Browser agar tidak sering tersendat-sendat, kamu boleh saja mendisable proses scanning tanpa perlu mendisable program anti-virus. Caranya ketik terlebih "about:config" pada address bar dan kemudian pada filter ketik " browser.download.manager.scanWhenDone" lalu klik pada kode tersebut dan ubah nilainya dari True (default) menjadi False. Cara ini berlaku jika kamu mendownload file langsung otomatis dengan lewat jendela Download Mozilla Browser. Namun, cara ini tidak berlaku jika kamu mendownload lewat Download Manager eksternal seperti Internet Download Manager.

Komentar