Membuat file favicon ikon logo website dan link tag nya

Setiap website pastinya memiliki logo sebagai ciri khas atau tanda pengenal. Logo bujursangkar berukuran 16x16 pixel atau maksimal 32x32 pixel ini letaknya berada (disebelah kiri disamping teks) pada judul tab Halaman. Logo berukuran kecil ini mempunyai banyak sebutan antara lain: favicon, atau favorites icon, atau website icon (ikon website), atau shortcut icon, url icon, atau juga bookmark icon. Tentu, seorang pemilik website pasti lebih memilih untuk membuat sebuah ikon website, karena favicon dapat membuat website menjadi lebih menarik, apalagi jika gambar icon tersebut bisa dibuat bergerak-gerak.

Sebagai salah salah satu cara mengenali sebuah website, maka sebuah keuntungan favicon untuk pengguna browser, contoh khususnya bagi para pengguna Mozilla Firefox, tentu ikon logo ini punya manfaat yang istimewa seperti: (pada Mozilla versi 1x sd 2x) jika membuka jendela dengan banyak tab-tab terbuka bertumpuk-tumpuk, maka lama kelamaan judul halaman pada setiap tab akan terus terpotong hingga tidak bisa terlihat lagi tulisan teksnya. Jadi salah satu cara mengenali tab halaman tersebut adalah dengan melihat masing-masing logo favicon pada tiap tab. .

Sejak diperkenalkan melalui IE versi 4 atau 5, pertama kali ikon logo atau favicon ini hanya mendukung file .ICO dengan standar Microsoft saja, namun mulai tahun 2003 terus dikembangkan standar baru favicon, dan browser Mozilla Firefox turut pula mempopulerkannya dan memperbolehkan ikon logo ini dibuat dari 4 macam tipe file grafik antara lain: .ICO, .PNG, .GIF, dan .JPEG.

Bagaimana cara membuat file ikon logo atau favicon?

Untuk membuat file ikon logo atau favicon, antara lain:

  • kamu bisa memakai aplikasi khusus untuk membuat ikon logo favicon
  • atau juga menggunakan aplikasi editor gambar yang bisa mendukung dan membuat tipe file-file favicon (.ICO, .PNG, .GIF, atau .JPEG)
  • atau yang lebih menarik menggunakan website dengan url generator khusus pembuat favicon.

Bagaimana cara memasukkan kode link tag ke dalam halaman HTML atau xHTML.

Berikut ini bisa disimak beberapa contoh kode link tag favicon yang bisa dimasukkan ke dalam page halaman HTML dan XHTML.

HTML:

    • <link rel="icon" type="image/vnd.microsoft.icon" href="http://domainsaya.com/image.ico">
    • <link rel="icon" type="image/png" href="http://domainsaya.com/image.png">
    • <link rel="icon" type="image/gif" href="http://domainsaya.com/image.gif">

XHTML:

    • <link rel="icon" type="image/vnd.microsoft.icon" href="/newpath/image.ico" />
    • <link rel="icon" type="image/png" href="/newpath/image.png" />
    • <link rel="icon" type="image/gif" href="/newpath/image.gif" />

Internet Explorer mempunyai format yang berbeda.

    • <link rel="SHORTCUT ICON" href="http://www.domainsaya.com/myicon.ico"/>

    atau juga bisa

    • <link rel="SHORTCUT ICON" href="/newpath/myicon.ico"/>

Untuk informasi lebih banyak dan akurat tentang favicon dan cara membuatnya, kamu bisa coba cari lagi di search engine Google. Good-luck.

Komentar