PopTray: Aplikasi mengecek pesan email yang mini dengan icon tray

PopTray adalah sebuah aplikasi mini untuk Windows yang berfungsi untuk mengecek isi email dari akaun POP3. Hampir mirip dengan aplikasi Yahoo Messenger, fitur utamanya berupa icon tray notifikasi bila ada pesan email yang masuk. Aplikasi buatan RENIER CRAUS ini mendukung semua server email yang memiliki fasilitas POP3, seperti Google Mail, Yahoo Mail, Telkom.net Mail, dan lain-lain. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengirimkan pesan email, asalkan di Windows kamu sudah terinstall aplikasi Microsoft Outlook Express. Selain itu, kamu perlu melakukan setting terlebih dahulu aplikasi Microsoft Outlook Express agar bisa digunakan. Aplikasi ini sepenuhnya gratis dan kodenya sudah open-source. Kamu bisa mencari dan mendownload update terbaru aplikasi PopTray beserta kode Open Source (Delphi) nya langsung dari websitenya.

Berikut review singkat dari beberapa fitur aplikasi PopTray, antara lain:

  • Unlimited number of Accounts. Jadi kamu dapat memasukkan akaun email mu hingga dalam jumlah tak terbatas.
  • Show number of messages directly on the TrayIcon (rotating by account). Berapa jumlah pesan email yang masuk, akan ditampilkan pada ikon tray.
  • Quickly preview a message. PopTray sangat cepat digunakan untuk melihat isi pesan-pesan email yang sudah masuk. Bahkan tidak perlu koneksi internet.
  • Delete messages from the server without downloading them. Secara default, kamu bisa menghapus pesan-pesan email yang sudah masuk dalam keadaan offline atau tanpa perlu koneksi ke internet, namun pesan-pesan email yang telah dihapus sebenarnya belum dihapus dari server.
  • Rules that identify a message according to your criteria. Dengan fitur ini kamu bebas menentukan cara pengaturan setiap email yang masuk. Antara lain seperti: kamu bisa mengganti suara notifikasi dengan suara atau musik yang berbeda, atau juga kamu bisa mengaktifkan penghapusan pesan email dari server yang kamu pilih, atau juga memilih warna ikon tray yang berbeda pada setiap akaun, dan masih banyak lagi.
  • Configurable Hot-keys/Mouse-Buttons/Command-Line options for most functions. Tombol-tombol shortcut dan mouse shortcut juga bisa kamu konfigurasi sendiri untuk mengaktifkan beberapa fungsi dan perintah untuk menjalankan aplikasi secara mudah dan cepat.
  • Plug-in Support: Kelebihan aplikasi PopTray ini adalah kamu bisa menambahkan plugin-plugin, seperti plugin untuk protokol email IMAP4 dan Hotm
  • Spam management using rules and white/black lists. Terdapat juga pengaturan keamanan akaun dari spam.
  • Mulitple notfications. Pengaturan notifikasi pesan email seperti notifikasi suara dan popup.
  • Translated into 30+ languages. Menu-menu didukung lebih dari 30 macam bahasa. Sayangnya belum mendukung bahasa Indonesia.
  • Complete Install / Uninstall. Aplikasi dapat diinstalasi dan di un-instalasi secara komplit.
  • dan masih banyak lagi fitur-fitur lain yang berguna.

Download gratis disini, pake sepuasnya. Ingin mendapat informasih tentang bug dan fix dalam menggunakan aplikasi ini bisa join ikutan forumnya disini.

Komentar