Tips Windows: Cara Mematikan Fungsi Pembakar CD di Windows XP

Salah satu kelebihan yang dimiliki Windows XP dibanding versi Windows sesudahnya atau diatasnya, adalah salah satu OS terbaik Windows ini cukup menggunakan sebuah CD (maks.600MB) biasa untuk menginstall semua sistem operasinya, selain itu juga cepat dan efisien sistem operasi Windows XP ini, karena idak membutuhkan banyak pemakaian resource memori dan kapasitas di harddisk (kurang lebih 1GB), itulah, yang makin mempercepat Windows XP.

Salah satu kelebihan Windows XP dibandingkan versi Windows sebelumnya. (Windows 2000), yaitu mampu melakukan proses pembakaran (recording) CD tanpa membutuhkan (menginstall) software pihak ketiga lainnya, karena XP telah mengintegrasikan feature pembakar ini yang dapat melakukan hal tersebut. Cara menggunakan tool recording alias pembakar CD internal ini sangat mudah sekali, cukup men-drag and drop (klik mouse kiri dan tahan lalu lepaskan) folder atau file-file yang ingin dibakar ke drive pembakar (contohnya: D:, E:, atau seterusnya), maka drive tersebut siap untuk digunakan, tentunya setelah anda memasukkan terlebih dahulu CD kosong ke dalamnya. Semua data-data file yang akan dibakar akan diletakkan di drive pembakar. Contohnya: drive C (default). Nah, bagi pengguna Windows XP yang tidak ingin sistem operasinya terlalu banyak menanggung "resource" di dalam Harddisk serta memorinya, anda boleh mematikan fungsi program pembakar internal Windows XP ini.

Bila anda menghapus program Recording Internal ini, mungkin sedikitnya membuat PC anda dapat berjalan lebih kencang, dan cara ini tentunya menghemat kapasitas harddisk anda, karena tool recording ini tentu saja akan menyimpan semua file-file terpilih (image file-file yang belum di-burning oleh drive pembakar (CD/DVD writer) anda ke dalam harddisk, walaupun jika anda lihat drive pembakar tersebut terdapat nama-nama file yang anda persiapkan untuk anda burn. Jadi, berbeda sekali dengan program pembakar seperti Nero yang hanya menyimpan file kompilasi saja, filenya yang berukuran kecil dan itu hanya menyimpan letak file-file yang akan dibakar didalam harddisk, jadi tidak membutuhkan tempat di harddisk anda yang sangat besar.

Bagaimana cara mematikan fungsi "recording" (pembakar CD) untuk drive pembakar di Windows XP?


Untuk mematikan program pembakar internal Windows XP ini merupakan cara yang sangat mudah sekali, anda cukup mengklik kanan drive pembakar yang ada di Windows Explorer dan kemudian setelah muncul menu, lalu anda pilih "Properties" dan kemudian klik-lah tab "Recording". Setelah itu akan muncul jendela yang didalam terdapat tulisan "Desktop PC Recording". Untuk menonaktifkan fungsi pembakar Windows XP, maka hilangkan tanda cek pada "Enable CD recording on this drive". Setelah Klik "OK" atau "Apply" untuk menyetujuinya. (Contoh: gambar diatas). Nah, Kini fungsi pembakar Windows XP anda telah non-aktif, dan proses pembakar hanya dapat dilakukan pada software khusus pembakar CD yang anda install seperti Nero, Roxio, dll..


Coba Yahoo! Mail baru yang LEBIH CEPAT. Rasakan bedanya sekarang!

Komentar