Tips Windows: Cara Memperhalus Tampilan Font/Huruf di Windows XP

Operating Sistem Microsoft Windows XP mempunyai sebuah kelebihan yaitu walau bisa ditampilkan dengan lebih sederhana layaknya seperti tampilan di versi Windows sebelumnya (Windows 2000/ME/98), namun jika anda inginkan masih banyak efek visual yang bisa dibuat dan dihadirkan untuk sebuah kenyamanan pengguna dalam desktop Windows anda. Salah satu fitur tersebut yaitu anda bisa memperhalus tampilan font (teks huruf) di semua aplikasi Windows termasuk juga membuat halus font huruf di desktop dan aplikasi Windows Explorer.

Dengan memperhalus font atau huruf ini, maka semua tulisan teks di Windows akan lebih jelas dan menarik dilihat. Fitur ini adalah "smooth edge screen font". Dengan mengaktifkan menu yang berarti "Memperhalus tepi huruf-huruf layar". ini huruf-huruf teks menjadi agak sedikit lebih tebal. Seperti fitur antialiasing pada grafik 3D, sisi-sisi di sekeliling huruf menjadi lebih halus. Efek visual ini membuat tulisan huruf jadi begitu halus, sehingga menambah kenyamanan mata bagai anda yang sering lebih lama sering melihat didepan komputer. Dengan mengaktifkan fitur ini, apakah akan memberi dampak pada kinerja komputer anda? Jawabnya, bisa ia atau tidak. Namun, saya rasa tidak terlalu signifikan dan tidak terlalu terlihat perbedaannya. Namun, huruf font yang jelas memberi dampak positif buat kesehatan dan kenyaman mata anda. Berikut Tips memperhalus tampilan font huruf Windows.

Mengaktifkan fitur "Smooth Edges of Screen Fonts" (Memperhalus tepi huruf-huruf dilayar)

Sebagai langkah awal, terlebih dahulu anda harus mengaktifkan fitur Smooth Edges of Screen Fonts" yang biasanya secara default fitur ini sudah diaktifkan Windows namun untuk lebih pasti apakah fitur ini sudah aktif atau tidak, anda bisa ikuti langkah berikut.

1. Klik Start --> Settings --> Control Panel

2. Klik Performance and Maintenance --> System maka selanjutnya anda ditampilkan menu System Properties.
3. Lalu klik mouse pada tab Advanced. Lalu pada di Performance klik Settings.
Selanjutnya akan menampilkan jendela Performance Options.
4. Selanjutnya klik tab Visual Effects dan pada daftar listbox, carilah pilihan Smooth edges of screen fonts.

5. Jika anda lihat, Smooth edges of screen fonts belum ditandai, pastikan anda memberi tanda cek [v] untuk mengaktifkan fitur buat memperhalus tampilan font huruf Windows anda ini. Selesai klik Apply. Setelah itu dalam beberapa saat tampilan font di Windows anda akan tampak lebih halus daripada sebelumnya.
Bagaimana tampilan Windows anda, adakah yang telah berubah. Memang, kelihatan tidak terlalu tampak perbedaannya. Tapi, anda bisa lihat tampilan Start menu tampak lebih halus, namun huruf-huruf nya lainnya yang lebih kecil masih belum ada perubahan yang mencolok.

Memperhalus pilihan fitur "Smooth Edges of Screen Fonts" (Memperhalus tepi huruf-huruf dilayar secara maksimal)

Ada sebuat pilihan pada Display Properties, untuk mengatur kehalusan font/huruf. Secara default, Windows memilih tingkat smooth font dalam nilai standar, untuk memperhalus lagi anda harus mengubahnya menjadi Clear Type. Cara untuk menyetelnya adalah sebagai berikut:

1. Klik kanan mouse anda, untuk menampilkan konteks menu
2. Lalu kemudian pilih Properties, untuk menampilan jendela Display Properties.
3. Kemudian klik pada tab Appearance dan selanjutnya meng- klik tombol Effects....
4. Selanjutnya di jendela Effect, pada Use the following method to smooth edges of screen fonts ubahlah pilihan dari Standar menjadi ClearType. dan OK
pilihan cleartype memperhalus total semua tampilan huruf/font di Windows
5. Selesailah, setelah keluar kemudian klik Apply di Display Properties.

Nah, sekarang tunggulah beberapa saat apa selanjutnya terjadi? Bagaimana tampilannya teks hurufnya sekarang ? Tampilan Windows XP sekarang menjadi lebih nyaman dan aman dipandang mata, begitu halusnya teks ini, dari ukuran font yang besar hingga ukuran font yang terkecil.

Komentar

  1. nice tips nih....

    BalasHapus
  2. terima kasih :D :D
    Windows XP memang keren tapi font nya bikin gk enak di lihat

    BalasHapus
  3. mantap..
    thanks

    BalasHapus

Posting Komentar