Tips Windows: Buat Konteks Menu Command DOS Prompt di Windows Explorer

Bagi para ahli pengguna komputer sistem Windows XP baik yang ahli atau pun yang pemula, mungkin ada beberapa diantaranya yang masing menggunakan fungsi Command prompt (peninggalan DOS). Mungkin anda perlu sekali mengakses program Command DOS Prompt di Windows XP anda buat hal-hal yang anda perlukan seperti melakukan PING buat mencek adanya koneksi jaringan dan internet atau juga buat menjaga kestabilan koneksi dialup modem anda, atau perlukan untuk mengirim pesan singkat dengan NET SEND kepada teman dalam jaringan network kantor anda, atau anda ingin menghapus semua file-file tertentu dalam beberapa folder langsung dari subfolder induknya, dan sebagainya. Tentu saja, seperti biasanya cara singkat dalam menggunakan command prompt, anda sering membukanya lewat menu "Start" lalu klik menu "Run" dan kemudian mengetikkan "Cmd" di kotak Run

Semua program-program perintah dari sistem Windows, tentu saja dapat langsung dijalankan dari Command DOS Prompt disembarang folder, Lalu, bagaimana jika program-program tersebut di luar buatan Microsoft (seperti contoh program extractor), tanpa dipath di system, nah, anda musti menjalankan program tersebut langsung dari foldernya. Hal-hal yang kurang lainnya, Command Prompt jika dijalankan, secara defaultnya akan selalu start di dalam folder "Document and Settings" di subfolder nama login anda. Contohnya: C:\Document and Settings\XPUSER.
Wah ini, tidak langsung masuk ke folder yang anda inginkan. Jika anda ingin mencari dan masuk ke folder tersebut anda harus repot-repot lagi dengan mengetikkan beberapa perintah DOS buat masuk ke dalam folder tersebut.

Tentu saja, hal simple yang muncul dipikiran anda, adakah trik rahasia, cara termudah
buat anda membuka Command Prompt langsung menuju folder yang diinginkan di Windows Explorer anda? Caranya cukup gampang namun sebelumnya melakukan tip ini, saran saya backup terlebih dahulu registry anda dengan program regedit, agar jika ada kesalahan, anda dapat mengembalikannya seperti kondisi baik sedia kala.
Tips agar dapat membuka Command Prompt secara langsung di Explorer adalah sebagai berikut:
- Buka Windows Explorer, lalu arahkan mouse menuju pilihan Menu diatas, dan lalu klik menu "Tool" dan kemudian lalu cari klik menu "Folder Options".
- Jika sudah terbuka jendela "Folder Options", kemudian klik menu tab "FileType".
- Setelah masuk menu tab "File Type"lalu dibagian "Registered file type" Klik lah pada pilihan
(None) File Folder atau (None) Folder".


- Setelah klik item yang anda pilih, lalu klik lagi ke bagian "Advanced".


- Lalu setelah muncul jendela "Edit File Type", pilihlah menu tombol "New".


- Selanjutnya akan muncul jendela "New Action" dan selanjutnya ketiklah di bagian "Action" dengan judul terserah contohnya "Buka Command prompt" dan kemudian di bagian "Application used to perform action" ketikkan perintah berikut cmd.exe /k "cd %1"


- Setelah itu, klik OK sebanyak dua kali untuk apply dan keluar,

Nah, sekarang di Windows Explorer, anda coba meng-klik kanan folder-folder buat memunculkan konteks menu di Windows Explorer. Dimana anda bisa lihat akan tercantum dalam setiap konteks menu item pilihan dengan nama "Buka Command DOS Prompt".




Selalu bisa chat di profil jaringan, blog, atau situs web pribadi!
Yahoo! memungkinkan Anda selalu bisa chat melalui Pingbox. Coba!

Komentar