Cara Otomatis Mematikan Laptop Ketika Baterai Low Level

Seperangkat elektronik seperti komputer dan laptop (notebook) adalah termasuk barang yang tergolong mewah, selain Ponsel PDA dan Smartphone. Jika tidak rutin merawat dan kurang hati-hati (lalai) ketika menggunakan, maka umur barang elektronik ini tidak akan bertahan lama, bahkan bisa cepat rusak sebelum masanya. Keunggulan dari laptop dan PDA/Smartphone adalah ia termasuk salah satu barang elektronik yang sangat efisien dan punya mobilitas yang terbaik. Umumnya jika dipakai tanpa adaptor, kira-kira baterai bisa tahan 2 jam bahkan lebih. Seiring waktu tentu saja baterai lama kelamaan akan mengalami drop. Ditambah lagi, jika perangkat ini dipakai dengan tidak semestinya serta secara tidak efisien (boros), maka umurnya akan lebih pendek lagi. Seperti: Laptop terlalu sering menggunakan baterai mode hingga kehabisan (0%), lalu baru kemudian diisi (charge). Agar baterai lebih awet sebaiknya segera charge lagi atau segera dimatikan sebelum kehabisan minimal tersisa 20% atau ¼ (seperempat).

Ada bermacam cara agar laptop baterai tidak terlalu boros dan menjadi jadi awet/tahan lama, khususnya dengan bagi user yang menggunakan OS Windows. Semua fitur ini bisa anda dapat melalui jendela properti di "Power Options". Ada tiga metode atau cara yang ampuh untuk mematikan komputer yaitu Shutdown (Turn Off), Hibernate dan Standby. Pertama, bila melalui Shutdown atau Turn Off, maka power (Baterai/AC Power) dan sistem operasi windows pada komputer akan dimatikan. Kedua, bila melalui Hibernate, maka sistem operasi windows yang sedang dijalankan bersama aplikasi-aplikasi akan disimpan dan kemudian power (Baterai/AC Power) komputer akan dimatikan. Setelah itu, jika komputer kembali dinyalakan maka maka ia menyambung/melanjutkan kembali ke tampilan sistem operasi windows sedia kala sebelum Hibernate diproses. Terakhir, jika komputer Standby, maka layar monitor akan dimatikan bersama-sama hardisk, dan aplikasi-aplikasi yang berjalan dan disimpan ke memori. Kemudian jika komputer dihidupkan melalui tombol power atau keyboard, maka akan kembali seperti ke sediakala sebelum proses Standby. Namun bedanya dengan Hibernate, ketika dalam Standby proses tetap terus memakai baterai walaupun sangat sedikit.

Berikut ini ada beberapa cara-cara rahasia atau tips agar komputer laptop bisa dimatikan secara otomatis (autoshutdown) ketika kapasitas baterai telah berada dalam keadaan low level battery, seperti berikut:

  1. Pertama-tama, kita terlebih dahulu harus menuju layar jendela"Display Properties". Untuk mengakses jendela ini bisa dengan mengakses popup-menu dengan

    cara klik kanan mouse pada tampilan desktop di Windows. Lalu pilih atau klik [Properties].
  2. Setelah muncul layar jendela 'Display Properties".

    Lalu pilih tab [Screen Saver].
  3. Setelah muncul tab jendela "Screen Saver" lalu kemudian Enter atau klik [Power] untuk menuju "Power Options Properties".
  4. Setelah jendela "Power Options Properties" muncul,

    klik tab [Alarms] untuk membuka jendela yang lainnya.
  5. Setelah jendela "Alarms" terbuka, lalu centang atau tandai (v) pada kotak cek di kolom "Low battery alarm" dan ubah low battery level ke 45% (ex).

    Lalu kemudian klik [Alarm Action] untuk menuju jendela "Low Battery Alarm Actions".
  6. Pada tab jendela "Low Battery Alarm Actions", lalu tandai dengan (v) pada kotak cek di kolom "Alarm Action" dan pilih Shutdown atau Hibernate agar

    komputer kamu nantinya bisa otomatis mematikan komputer sendiri.
  7. OK. OK. Setelah keluar. Cobalah cabut AC Power dan tunggu lihat bagaimana hasilnya nanti. Ketika baterai pada komputer laptop kamu berkurang hingga menjadi 45%, maka komputer kamu akan otomatis sendiri melakukan "Shutdown/Hibernate".
Catatan:
  • Kamu juga bisa menambah satu fasilitas otomatis shutdown lagi dengan menandai (v) pada kotak kolom "Critical battery alarm". Dan sebaiknya agar diubah menjadi kurang 10% dari kotak cek di kolom "Low battery alarm". Contoh 35%. Jadi ketika baterai 35% ke bawah maka komputer akan "Shutdown/Hibernate".
  • Sebaiknya di kolom "Notification", dihilangkan tanda centang (v) semuanya. Seperti pada kotak cek"Sound alarm" dan "Display message".



Komentar