TV Tuner Plugin buat menonton Televisi di Winamp

Winamp player memang sudah dikenal populer sebagai favorit media player buat memainkan file-file Mp3 di komputer. Sejak pertama kali membeli komputer dan memainkan mp3 musik, Winamp langsung muncul sebagai default media player. Tentu saja hal ini karena Winamp memang MP3 player software yang simpel, selain gratis, juga cara menggunakan cukup mudah serta kustomisasi pada ini software juga tidaklah rumit. Saking seringnya dipakai saya tidak pikir untuk pindah ke lain hati dan terus menggunakan Winamp sebagai default media player untuk memainkan MP3 player. Yang membuat menarik, versi dari Winamp yang sekarang (v.5.xx) tampilan dari skin juga tidak jauh berbeda daripada Winamp versi 1, 2, dan versi 3. Kelebihannya, walaupun tidak jauh berbeda, tampilan skin bisa diubah semaunya. Bahkan tampilan bisa diubah jadi lebih moderen dengan memilih Winamp Modern. Terdapat juga Plugin adalah utiliti yang tersedia khusus untuk Winamp, yang bisa ditambah juga dihapus dan jika pintar mencari dan download di internet, mungkin bisa dapat hingga ratusan plugin, dan umumnya banyak sekali yang gratis. Winamp Plugin terdiri dari 6 pilihan kategori, seperti Input, Output, Visualization, DSP/Effect, General Purpose, Media Library dan Portables. Setelah menginstall Winamp (v.5.xx), mungkin anda ingin sekali menginstalasi tambahan Winamp plugin yang sesuai dengan kategori pada perangkat yang sudah dimiliki di komputer. Contohnya: Jika anda sudah punya TV Tuner Internal atau TV Tuner Eksternal, dan anda ingin sekali agar Winamp bisa dipakai sebagai Video Player buat menonton TV, maka anda musti mendownload dan menginstalasi Winamp TV Plugin dan harus menggunakan TV Tuner bertipe Internal.

Apa sih bedanya TV Tuner Internal dengan TV Tuner Eksternal? Kalau ingin mencari yang lebih praktis menurut saya memang sebaiknya pakai TV Tuner Eksternal, karena jika pakai TV Tuner yang internal daripada yang eksternal, musti install driver dan software terlebih dahulu agar TV Tuner bisa beroperasi. TV Tuner eksternal punya kelebihan dijalankan tanpa perlu instalasi driver, tinggal colok kabel ke monitor tampilan, lalu monitor tampilan bisa langsung jadi TV. Kalau mau ganti channel atau saluran sangat mudah tinggal pakai TV remote kontrol. Jika ingin cari LCD TV dengan harga lebih murah, cocoknya beli LCD Display ditambah TV Tuner bertipe eksternal. Namun jika ingin komputer bisa digunakan untuk merekam TV dan khususnya memainkan TV Video di Winamp sebaiknya memakai TV Tuner bertipe internal.

Karena bebetulan kategori perangkat dari TV Tuner yang saya pakai adalah Internal. Saya coba untuk mencari dan mendownload plugin TV untuk Winamp ini di Internet dan menginstalasi plugin ke winamp. Akhirnya plugin berhasil berjalan dengan lancar di laptop dan juga di komputer. Jadi, TV Tuner internal yang rumit sebenarnya tidak kalah manfaatnya dibanding TV Tuner eksternal, setelah instalasi, sudah disediakan software untuk menontonnya langsung ke screen tampilan di komputer atau laptop. Namun biar lebih enak ditonton dan agar lebih praktis, bisa dibuat agar tampil di jendela seperti Winamp Video atau jendela lainnya. Untuk itu harus dicari plugin yang cocok. Anda bisa mencari Winamp TV Plugin di alamat ini. http://www.winamp.com/plugins/details/138360 Setelah anda download dan menginstalasi ini plugin akan tampil di dalam Input Plugin di Winamp seperti tips berikut (gambar di bawah):

  1. Setelah menginstalasi Winamp TV Plugin, pastikan juga sudah menginstalasi TV Tuner driver dan pada komputer TV Tuner juga sudah dipasang dengan sempurna. Ada dua macam tipe yang umumnya dipakai antara lain USB TV Tuner (internal) dan PCI TV Tuner. Kalau semua sudah berjalan lancar, maka hal yang pertama-tama dilakukan ialah klik kanan mouse pada Winamp skin untuk memunculkan winamp popup menu.
  2. Setelah popup menu jendela muncul lalu pilih [Options] dan lalu klik [Preferences...]

    TV Tuner Plugin buat menonton Televisi di Winamp

    atau agar lebih cepat bisa dengan menekan hotkey [Ctrl+P],

    TV Tuner Plugin buat menonton Televisi di Winamp

    maka jendela "Winamp Preferences" segera muncul.
  3. Pada jendela "Winamp Preferences" klik [Input] dan pilih Winamp TV (x86) [in_tv.dll] maka akan muncul jendela berikut:

    TV Tuner Plugin buat menonton Televisi di Winamp

    Keterangan:

    • Capture Device: {tipe perangkat TV Tuner yang aktif}
    • Resolution: {resolusi dan tipe sistem TV}
    • Render filter: {metode rendering pada sistem TV}
    • Output window: {jendela untuk menampilkan siaran TV}

  4. Pada jendela Winamp TV (x86) pada Tab [Video], akan ditampilkan informasi perangkat TV Tuner yang dipakai, contohnya tipe dari TV Tuner yang saya pakai adalah USB 2860 Device dengan merk Gadmei. Keterangan: jika TV Tuner belum diinstall atau belum dicolok pada komputer, maka Winamp akan menampilkan error pesan. Disini kamu bebas mengatur konfigurasi daripada Capture Device, Resolution, Render filter, dan Output Window.

  5. Setelah selesai mengatur konfigurasi pada jendela tab [Video], anda bisa langsung klik pada Tab [Scan] untuk langsung segera mencari semua channel/saluran TV seperti gambar berikut:

    TV Tuner Plugin buat menonton Televisi di Winamp

    Namun ketika anda klik pada Tab [Scan] ini, sebelumnya pastikan agar jalur kawat kabel Antenna TV atau TV Cable yang menyambung ke input TV Tuner kamu tidak ada yang longgar. Ini agar pancaran signal jadi lebih kuat diterima TV Tunner kamu hingga maksimal dan nantinya semua konfigurasi dari saluran-saluran channel TV yang ditangkap (scanning) bisa disimpan di dalam file-file Playlist. Nah, kalau sudah dipastikan tidak ada longgar, kamu bisa memilih beberapa macam cara untuk menelusuri dan menyimpan channel yaitu melalui tombol [Quick Scan] tombol, tombol [Full Scan], dan tombol [Scan Radio]. Untuk scanning proses menjadi lebih cepat, kamu bisa klik tombol [Quick Scan], kira-kira 2 menit saja kamu bisa mendapatkan beberapa channel dan segera bisa ditonton di jendela Winamp Video. Namun, jika ingin sekali mendapatkan lebih banyak channel secara maksimal, bisa dengan klik tombol [Full Scan], namun harus rela menunggu kurang lebih 30 menit atau sejam agar selesai. Terakhir, ada juga tombol [Scan Radio], bisa dipakai jika TV Tuner mu punya dukungan yang kompatibel untuk menyetel Radio.

  6. Sekarang bisa coba pilih [Quick Scan] tombol, maka setelah scanning proses selesai akan segera muncul jendela [Scan Result] yang terus berjalan progress mencari dan menangkap semua channel yang tersedia hingga selesai. Tiap-tiap channel yang terdeteksi segera dimasukkan dalam daftar.
  7. Setelah selesai semua scan hingga 100%, kamu bisa menyimpan semua channel melalui tombol [Set as Playlist] dan file-file yang tersimpan kelak siap untuk dipanggil jika kamu ingin menonton TV di Winamp.
  8. Selain ada jendela tab [Video] dan [Scan], ada juga jendela-jendela yang lain seperti tab [Audio], [Settings], [OSD], dan [Magnification]. Masing-masing tab jendela dapat dikustomisasi sesuka hati. Coba saja terus otak-atik agar tampilan siaran dari TV-Tuner mu menjadi lebih maksimal untuk ditonton! Daripada banyak menginstalasi media player software, sebaiknya menginstalasi dan memakai satu media player saja seperti Multiplayer Winamp yang bisa dimanfaatkan buat menonton TV. Selamat mencoba!

6 komentar:

BUNDA ALIF SHOP mengatakan...

klo plug-ins buat rekam siaran tvna ada g bos

VEGA BONEK UNESA mengatakan...

LW MW LHT TV GRATIS TANPA ONLINE GMN YA

Anonim mengatakan...

gan ak prnh download program tv jga tapi hrs
pake antenna namanya ap ye?

Anonim mengatakan...

1 tv tuner bisa di-share ke dua atau lebih komputer ga boss??

GALUR mengatakan...

bro...punya drivers & application bwat tv tuner ( atv-u388n )ke winXP

ADS adv mengatakan...

trim sharenya, masih mau aku coba

Poskan Komentar