Gunakan Minitube Winamp plugin buat memutar mp3 menjadi klip video youtube

Youtube yang populer, gudangnya koleksi video klip

YouTube.com, populer website yang komplit sebagai gudangnya konten video-video klip yang berasal dari kiriman para pengunjung Youtube di seluruh penjuru dunia. Kamu bisa menemukan bermacam klip-klip video disini, seperti rekaman video pribadi atau keluarga, potongan klip film, film soundtrack lagu, video klip musik, cuplikan berita TV, gosip artis, politik, rekaman pertandingan olahraga, acara humor, dan sebagainya. Begitu sangat banyaknya jumlah koleksi video yang ada sekarang karena bertambah-tambah update setiap detik dan menitnya. Namun satu hal bagusnya Youtube ini, jarang ditemukan konten video berbau porno, walaupun ada tidak terlalu vulgar. Jadi walaupun kita search di youtube misalnya kata artis panas, seperti ranjang panas, ketika diputar tidak ada adegan panasnya, cuma potongan salah satu dialog di film tersebut. Jadi, seluruh isi konten dari youtube.com ini benar-benar dilindungi pengelola (admin) agar selalu dikunjungi para pengunjung yang mencakup dari semua kategori usia, termasuk anak-anak.

Apakah ada video plugin untuk Winamp untuk memutar klip video Youtube? Media player terpopuler seperti Winamp, selain handal dengan memiliki skin yang bisa dimodifikasi sendiri, juga disupport ribuan plugin-plugin yang bermacam-macam fungsi tersendiri. Antara lain seperti plugin buat menonton TV, plugin untuk membuat dan memutar lirik lagu, dan masih banyak lagi, termasuk plugin yang dapat memutar video klip (FLV) dari website Youtube.com seperti plugin yang dinamai MiniTube.

Gambar 2. YouTube plugin di Winamp buat tampilkan video klip Malaikat Juga Tahu (Dewi Lestari)

MiniTube adalah MP3 video plugin untuk Winamp yang berfungsi untuk memutar video klip dari pencarian di Youtube melalui koneksi internet. Pencarian berasal dari informasi judul lagu dan artis pada file MP3 atau file audio yang sedang dimainkan di daftar playlist. Jadi, jika kamu hanya bisa memainkan dan mendengarkan musik (lagu) saja dari file MP3 atau file audio dari daftar playlist di Winamp player, kini dengan tambahan fitur dari MiniTube ini, kamu juga disuguhkan (diperlihatkan) video klip melalui sebuah jendela video. Di jendela video MiniTube ini akan ditampilkan video klip yang cocok dengan ID3 tag dari lagu MP3 yang dimainkan, namun bila video klip tersebut tidak ditemukan maka jendela tidak akan ditampilkan. Selain itu, ketika video klip diputar, kamu bisa memilih untuk mendengarkan suara lagu dari MP3 di daftar playlist atau asli dari video klip yang diputar.

MiniTube (youtube plugin) didownload gratis dan mudah sekali digunakan di Winamp?

Kamu bisa download secara gratis versi terakhir dari plugin MiniTube ini, melalui link download dibawah ini:

Silahkan klik di http://www.songreference.com/download.html

MiniTube plugin bukan hanya mendukung Winamp player, tetapi juga Apple iTunes dan TheKMPlayer, namun lebih direkomendasikan pakai Winamp yang teruji lebih baik. Tampilan video Youtube jadi lebih baik dan lancar bila menggunakan internet koneksi yang lebih cepat seperti broadband, HSDPA atau minimal 3G. Cara menggunakannya mudah, karena kamu tidak perlu mengatur konfigurasi apapun, setelah instalasi. Secara default, video klip dari youtube ditampilkan di jendela namun suara berasal dari file MP3 (audio) di playlist. Juga pada awalnya pengaturan koneksi diset pada low, agar semua pengguna youtube plugin ini bisa menggunakannya secara maksimal walau menggunakan koneksi yang lambat seperti dial-up modem atau GPRS.

Tips menggunakan MiniTube (youtube plugin) untuk Winamp?

Setelah instalasi MiniTube, Winamp player kamu secara otomatis menampilkan jendela video untuk memutar video klip. Pada jendela video dibagian bawah kamu bisa mendapat beberapa menu untuk mengatur konfigurasi seperti:

  1. Lip sync
    Di menu ini untuk mengatur source suara yang diputar. Kamu bisa memilih memutar suara asli dari video klip atau suara lagu MP3 yang dimainkan.
    Gambar 3. YouTube plugin di Winamp buat tampilkan video klip Gelora Asmara (by Derby)

  2. Bandwidth
    Menu ini mengatur mengoptimalkan koneksi internet yang dipakai. Ada dua pilihan Low and High, direkomendasikan memakai pilihan Low, kecuali jika kecepatan koneksi internet 1 Mbps atau diatasnya.
    Gambar 4. YouTube plugin di Winamp buat tampilkan video klip Demi Cinta (by Kerispatih)

  3. Size
    Menu ini mengatur tampilan jendela youtube plugin di Winamp. Ada dua pilihan Normal atau Full Screen.
    Gambar 5. YouTube plugin di  Winamp buat tampilkan video klip Hanya Kamu Yang Bisa (by Tiket)
  4. Help
    Menu bantuan dan petunjuk penggunaan minitub plugin di Winamp.

Issues:

  1. Untuk sementara plugin ini masih belum bisa menampilkan jendela secara penuh (Full Screen). Jadi selalulah mengupdate plugin MiniTube ini, jika telah tersedia versi terbaru.
  2. Tampilan video yang diputar kurang sinkron dan lebih lambat daripada suara MP3 yang diputar. Ini yang menyebabkan video memerlukan proses waktu yang lebih lama untuk dibuka dan video klip belum habis, ketika suara MP3 sudah selesai. Jadi pilihan yang lebih baik adalah Lyp Sinc menggunakan suara klip video yang asli, karena suara pas dengan video klip, namun video klip lebih cepat stop berganti sebelum waktunya selesai. Jadi, bersabar tunggu update versi terbaru yang bisa mengatasi masalah ini.

Tips: Agar pencarian lebih tepat dan optimal dalam menemukan klip video Youtube, sebaiknya edit atau ubah ID3 tag (informasi) file MP3 dari lagu yang dimainkan baik pada versi ID3V1 atau V2 nya. Tips nya klik kanan pada judul lagu MP3 yang ingin diedit di playlist, ketika muncul popup menu, klik View file info > tab ID2V1, lalu ketiklah pada Title judul lagu, pada Artist nama grup/penyanyi, dan lain-lainnya juga boleh diisi. Setelah selesai klik OK untuk menyimpan.

Komentar

  1. cara nyetel videonya gmn?

    BalasHapus
  2. cara nyetel vidionya gmana ya, tolong dong kirim ke emailku ujang.supiandi6@gmail.com,thx

    BalasHapus

Posting Komentar