Tab Mix Plus: AddOn Firefox: buat tambah banyak Tab (Baris) Jendela Halaman Lebih Banyak di Browser Anda



MEMPERBANYAK TAB JENDELA DI FIREFOX V.2.X - V.DIATASNYA

Anda tentu saja pasti mengenal Firefox, salah satu browser yang terbaik dengan kecepatannya loading. Salah satu fitur hal yang masih diingat bahwa saat saya dulu menggunakan Firefox versi 1.x, semua tab halaman ditampilkan agar mempermudah mengakses semua jendela halaman, bahkan jika tambah banyak halaman yang terbuka, maka kamu bisa melihat bahwa jendela-jendela tersebut menjadi tambah makin kecil hingga kamu susah membedakan halaman mana yang menurutmu merupakan halaman facebook kamu (contohnya). Dan seperti yang anda lihat di Firefox saat ini, (sejak Firefox versi 2.0) jika halaman tab terbuka banyak maka aplikasi Firefox akan membuat scroolbar dibagian paling kiri dan kanan di tab halaman anda tersebut. Terserah anda suka atau tidak, namun saya lebih suka untuk melihat semua tab pada layar, bahkan jika mereka terlalu kecil. Karena saya bisa meraba dan mengakses semua halaman yang saya buka dengan cepat.

Namun, ada tips trik (tweak) rahasia untuk memperbanyak tab halaman di Firefox, dan ini tanpa menggunakan Addon (ekstension'/plugin) khusus

Caranya, ketik about:config di address bar browser Firefox anda.
Lalu ketikkan pada Filter: browser.tabs.tabMinWidth, dan setidaknya cukup ketikkan kode teks tadi mempersempit pada pilihan yang anda cari.

Jika sudah ketemu lalu ubah nilai pada pilihan browser.tabs.tabMinWidth tadi dari 100 (default) menjadi 0 untuk sepenuhnya menonaktifkan fitur ini atau anda bisa mengubahnya menjadi lebih kecil daripada 100, untuk makin memperkecil ukuran lebar tab jendela.
Jadi, makin tambah kecil nilai yang anda ubah seperti 75, 50, 25, bahkan 1, maka makin tambah kecil pula lebar ukuran tab jendela browser Firefox anda.

Selain trik diatas tadi, masih ada tips trik (tweak) rahasia untuk memperbanyak tab jendela di Firefox yaitu menggunakan ekstensi (plugin) khusus yaitu Extension Tab Mix Plus

Tab Mix Plus merupakan sebuah Addon yang berguna untuk meningkatkan kemampuan Firefox agar jumlah tab untuk browsing bertambah banyak. Ini meliputi fitur seperti duplikasi tab, mengontrol fokus tab, opsi tab klik, undo tab dan jendela ditutup, ditamba lagi baris-baris tab, dan banyak lagi. Ini juga mencakup fitur lengkap dengan manajer pemulihan tab yang dapat menyimpan dan mengembalikan kombinasi dari membuka tab dan jendela.
Addon ini terbukti lebih efisien, mungkin anda rasanya tidak bakal melepaskan plugin dari browser Firefox anda karena sangat berguna, dan sayapun juga sangat menyukai karena rata-rata suka membuka Firefox lebih dari sepuluh jendela halaman. Plugin ini perlu diinstall terlebih dahulu. Untuk mengaksesnya anda terlebih dahulu mengakses website dibawah ini:

Untuk Firefox versi 3.7 atau versi yang lebih baru diatasnya
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1122


Untuk Firefox versi 2.0 - 3.6, bisa didownload Addon nya disini
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/downloads/file/60760/tab_mix_plus-0.3.8.1-fx.xpi


Untuk seluruh versi Firefox (1.0 - 3.6), bisa didownload Addon disini
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/downloads/file/16566/tab_mix_plus-0.3.6-fx.xpi


Apa yang harus dilakukan agar Addon Tab Mix Plus Options, apa yang dapat Anda lakukan, bagaimanapun, konfigurasi masih standar jadi setelah menginstall Tab Mix Plus Options perlu diatur konfigurasi seperti agar baris-baris tab tambah llebih banyak, minimal 3 baris, agar tambah banyak lagi tab halaman yang bisa dibuka dengan menggunakan beberapa baris-baris tab, dirinya sendiri.


Setelah Addon ini diinstall, untuk mengaktifkan dan menambah beberapa baris tab anda,
Anda dapat pergi ke Tools -> Tab Mix Plus Options, pilih tab Display, dan kemudian setelah menu dropdown ditampilkan muncul dua buah tab yaitu Tab Bar dan Tab. Nah, untuk memperbanyak jumlah baris minimal pilihlah tiga yaitu:
- di When tabs don't fit width: pilihlah Multi-row
- lalu di "Max number of rows to display: ketiklah 3, atau bisa anda tambah lagi sesuai dengan keinginan.


Catatan: ada tips rahasia agar lebar tab lebih maksimal sesuai dengan panjang judulnya, dengan mengakses Tab, lalu tandai pada Tab width fits to tab title.



Yahoo! sekarang memiliki alamat Email baru
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail. br> Cepat sebelum diambil orang lain!

Komentar