Bagaimana Cara Simpan dan Restore File Setting di Office XP/2003

Apakah anda seorang penggemar atau pengguna program Office yang cukup ahli? Dan apakah anda saat menggunakannya, kadang atau pun kerapkali membuat, mengatur, dan simpan sendiri pengaturan tata letak menu serta segala setting pribadi di semua aplikasi-aplikasi Microsoft Office yang anda gunakan seperti Microsoft Word, Excel, atau PowerPoint? Tentu saja hal yang anda kerjakan tersebut, adalah untuk memudahkan pekerjaan anda dalam bekerja dalam menggunakan semua aplikasi Office, seperti kita ingin menginginkan letak-letak ikon menu di Microsoft Word, atau merubah letak menu-menu utama yang cocok dan sesuai hati di Microsoft Excel. Atau mengatur letak default ukuran kertas atau ukuran dan model font (huruf), dll. Hal tersebut memang membutuhkan waktu dan pengalaman untuk mencocokkan dengan keinginan hati anda.

Namun bagaimana jika sewaktu-waktu. Komputer anda mengalami kerusakan, dan setelah menginstall semua Windows dan Office nya, anda harus berjuang dari awal mengatur ulang kembali semua setting pribadi anda.

Nah, ada beberapa tool-tool Microsoft Office yang sangat berguna namun acapkali kadang-kadang kita tidak menyadari (tidak mengetahui) bagaimana penting fungsinya serta berartinya disaat-saat kondisi kritis, seperti rusaknya Windows. Salah satu diantara pilihan program atau tool-tool Office tersebut adalah "Save My Settings Wizard".

Kegunaan tool "Save My Settings Wizard" adalah sebuah program untuk menge-Save atau menyimpan hasil pengubahan setting standar Microsoft Office memjadi sebuah file setting, sekaligus juga berguna untuk me-Restore-nya. Dan program ini memang lebih menguntungkan agar semua pengguna Office dapat terhindar dari risiko kehilangan semua setting favorit, history data-data dokumen , dll. Apalagi jika tiba-tiba sewaktu program Office anda mengalami kerusakan atau sedang berat-beratnya program dijalankan. Nah, dengan sebuah file setting Office yang telah anda simpan, maka jika inginkan, anda dapat menggunakannnya untuk restore semua pengaturan aplikasi-aplikasi Office menjadi baik kembali seperti sedia kala.

Bagaimana cara menyimpan seluruh setting office ke dalam satu file?
Cukup mudah sekali, untuk mengaksesnya, pada Office XP atau 2003, Cukup mencarinya dari "Start --> All Programs --> Microsoft Office Tools". Nah, kemudian carilah "Save My Setting Wizard".

Untuk menyimpan setting Office sekarang, cukup tekan "Next" dan pilih "Save the settings from this machine". Kemudian, tekan "Next" lagi dan klik "Save the settings to a file". Dan selanjutnya meng-klik "Browse" untuk mencari tempat menyimpannya ke dalam sebuah folder yang anda inginkan didalam harddisk anda, dan langkah terakhir cukup tekan "Finish". Selesai, kini simpan file setting tersebut agar bisa anda gunakan untuk restore saat-saat yang dibutuhkan.



Lebih aman saat online.
Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis. Dapatkan IE8 di sini!

Komentar