CLASH OF THE TITANS (3D) (2010)" Pahlawan yang terlahir dari Dewa"

 

Clash of The Titans, sebuah film fantasi yang diambil dari mitologi Yunani. Berikut ini cuplikasi cerita singkat dan panjang mitologi dewa-dewa Yunani, "TITAN" itu adalah golongan ras dewa yang memiliki kekuatan yang luar biasa dan selama Zaman Keemasan pernah menguasai dunia. Para Titan ini adalah anak-anak dari Gaia dan Uranus. Ada 12 anak-anak Dewa yang disebut Titans, yang disebut DEWA adalah Coeus, Crius, Cronos, Hyperion, Iapetus, dan Oceanus, dan DEWI adalah Mnemosyne, Phoebe, Rhea, Tethys, Theia, dan Themis. Para Titan diajak Cronos untuk menggulingkan kekuasaan ayah namun mereka tidak berani, namun Cronos akhirnya berhasil menggulingkan ayahnya dengan bantuan Gaia. Beberapa dari para Titan ini juga menghasilkan keturunan yang juga disebut Titan. Anak-anak keturunan Titan ini antara lain: Anak-anak Hyperion (Helios, Eos, dan Selene), anak-anak perempuan Coeus (Leto dan Asteria), anak-anak Iapetus (Prometheus, Epimetheus, Atlas, dan Menoetius) dan anak-anak Crius (Astraios, Pallas dan Perses). Anak-anak lain/saudara dari Gaia dan Uraus juga dianggap Titan, seperti Typhon. Cronos mengawini Istrinya (saudarinya juga) Rhea dan memiliki 6 orang anak adalah cerita menarik. Cronos dikutuk ayahnya kelak anak-anaknya juga bakal menggulingkannya dan menjadi para penguasa Olympus. Kelima anak Cronos yaitu Demeter, Hera, Hades, Hestia, Poseidon, dan Zeus.

Dibayangi ketakutan bahwa anak-anaknya bakal merebut kekuasaanya, seperti saat ia telah menggulingkan ayahnya Uranus maka Untuk mencegah hal ini terjadi, Cronus lalu menelan semua anak-anak Rhea yang baru lahir, yaitu Hestia, Demeter, Hera, Hades, Poseidon, dan Zeus. Tapi istrinya Rhea serta ibunya Gaia berhasil menyelamatkan bayi Zeus. Cronus berpikir semua bayi Rhea termasuk bayi Zeus yang baru lahir telah dimakan semuanya, namun sebenarnya dia memakan batu yang ditutupi lampin. Sementara Rhea dibawa Gaia ke Kreta, dan di sebuah gua disana di Gunung Dicte, Zeus disusui kambing Amaltheia yang menganggap bayi Zeus juga sebagai anak susuannya.

Saat Zeus telah tumbuh menjadi seorang pemuda, ia kembali untuk melawan ayahnya, dengan bantuan Gaia, Cronus dipaksa untuk memuntahkan kelima anak yang telah ia telan. Kemudin, Zeus memimpin saudara-saudaranya untuk melakukan pemberontakan melawan ayahnya serta dinasti para Titan. Para Titan kalah dan kemudian mereka diusir. Zeus sebagai pemegang tampuk kendali, dia dan saudara-saudara laki-lakinya membagi alam semesta di antara mereka: Zeus mendapatkan langit, Poseidon mendapatkan laut, Hades neraka. Zeus mengawini  dua saudarinya, Hera (ratu dewa) dan Demeter (dewi kesuburan). Sedangkan Hestia (dewi perapian dan dewi keperawanan), dewi yang memilih perawan, dan kemudian nantinya melepaskan kedudukannya dari Olympus untuk Dionysus (Dewa Pesta) anak Zeus. Poseidon, serta Apollo (dari generasi yang lebih muda, anak Zeus) pernah teraspirasi untuk memperistri dewi Hestia, namun sang dewi kebal terhadap mantra Aphrodite (Dewi Cinta dan Kecantikan, salah satu anak Zeus) dan bersumpah demi kepala Zeus untuk mempertahankan keperawanannya.

Zeus meneruskan melindungi kerajaan surgawinya dari pemberontakan termasuk dari keturunan Gaia, para titan. Zeus membentuk kerajaannya Tiga serangan terpisah berasal dari keturuan Gaia, : mereka adalah Gigantes, Typhon (Zeus melawan mereka dengan guntur-baut dan pengawasan) dan saudara kembar yang disebut Aloadae.

Demikian kisah cerita dewa Zeus, dewa paling legendaris, dan tak disangka ternyata mempunyai banyak keturunan. Kalau mitologi dewa Zeus ini diceritakan lebih lengkap tentu bakal memenuhi banyak halaman hingga menjadi sebuah buku.  Lebih jelasnya, Zeus memiliki istri-istri termasuk dewi dan manusia. Dari dewi-dewi, Zeus banyak sekali banyak sekali keturunan dewa-dewa seperti Athena, Hermes, Artemis, Hermes, dan masih banyak lagi dewa-dewi anak Zeus lainnya. Dan dari istri seorang manusia, anak-anak keturunan Zeus melegenda menjadi pahlawan legenda seperti Hercules, Achilles, Kratos,dll termasuk Perseus yang akan diceritakan dalam film ini. (source: semua halaman wikipedia indonesia, jika ada kesalahan mohon diralat)

CLASH OF THE TITANS (3D) (2010)
Jenis Film :Fantasy - Remaja (teenage)
Produser : Basil Iwanyk, Kevin De La Noy, Richard D. Zanuck
Produksi : Warner Bros. Pictures

Cast & Crew
Pemain : Sam Worthington, Alexa Davalos, Danny Huston, Pete Postelthwaite, Ralph Fiennes, Liam Neeson
Sutradara : Louis Leterrier
Penulis : Travis Beacham, Phil Hay, Matt Manfredi

Sinopsis/Plot/Cerita:
Terlahir dari dewa namun dibesarkan sebagai manusia, Perseus (Sam Worthington) tidak berdaya untuk menyelamatkan keluarganya dari Hades (Ralph Fiennes), dewa neraka yang penuh dendam. Dengan segala yang tersisa, Perseus sukarela memimpin misi yang berbahaya untuk mengalahkan Hades sebelum merebut kekuasaan dari Zeus (Liam Neeson). Memimpin sekelompok prajurit gagah berani, Perseus menuju ke dunia terlarang. Berperang melawan setan dan hewan-hewan menakutkan, ia hanya akan bertahan jika dia dapat menerima kekuatannya sebagai seorang dewa, menantang nasib dan menciptakan takdirnya sendiri

Source:21cineplex.com